Jumat 14 May 2021 08:08 WIB

13 Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi

13 Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Film Religi: 13 Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi
Film Religi: 13 Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi

Film religi tidak hanya sebagai hiburan, tapi juga sebagai sarana belajar agama yang dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita.

Ada baiknya kita mengisi waktu kosong kita dengan hal yang bermanfaat dan tentunya bisa menambah iman kita. Dengan mengisi kejenuhan Anda dengan menonton film religi, dapatkan manfaat dimana Anda tidak hanya menghibur tapi dapat memotivasi kita untuk meningkatkan ibadah kita.

Di bulan yang penuh berkah ini tak ada salahnya Anda menambah wawasan dan mencari inspirasi dari film-film religi Indonesia terbaik apalagi jika Anda dan keluarga cukup merayakan hari kemenangan Lebaran di rumah saja sebgai pilihan hiburan untuk dinikmati dengan keluarga Anda.

Ini dia daftar film-film religi yang cocok dinikmati dengan keluarga untuk Anda yang sedang merayakan Lebaran dirumah saja karena pandemi saat ini:

 

1. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (2016)

bulan terbelah di langit amerika

Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 via ytimg.com

Sekuel dari film sebelumnya “99 Cahaya di Langit Eropa” ini menceritakan kelanjutan petualangan pasangan suami-istri yang berikut hijrah ke negara Paman Sam, Amerika Serikat. Di film ini mengambil kisah peledakan World Trade Centre sebagai garis utama ceritanya.

Banyak yang bisa ketahui dari film ini, seperti bagaimana kehidupan para muslim di negara adidaya tersebut, isu terorisme, sampai adegan diskriminasi dimana golongan non-muslim yang menolak adanya pembangunan masjid di daerah mereka. Dibintangi oleh para aktor kawakan seperti Abimana, Acha Septiarsa, Rianti Cartwright dan masih banyak lagi dengan kualitas akting mereka dalam membawa karakter masing-masing akan membuat Anda tidak menyesal untuk meluangkan waktu menonton film ini.

Baca Juga : 10 Film yang Menginspirasi Orang Berinvestasi

2. Mencari Hilal (2015)

mencari hilal

Mencari Hilal via twimg.com

Alur cerita film ini memang tidak terlalu kompleks dan tidak terlalu banyak memiliki konflik yang berat. Hal yang menarik dari film ini adalah temanya yang membahas mengenai isu sosial yang banyak terjadi di masyarakat saat ini salah satunya perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak mengenai pandangan mereka terhadap agama islam.

Karakter seorang ayah dan anak yang sering bertengkar karena perbedaan pola pikir mereka mengenai tradisi, sosial dan budaya. Dimana sang ayah yang diperankan oleh aktor senior Deddy Sutomo sangat taat agama dan sedikit “kolot” dan si anak yang diperankan oleh Bayu Oktara dengan watak keras kepala dan “gaul” ini tidak hanya menarik tapi juga dapat membuka mata Anda mengenai sisi lain dari agama islam jika dipandang dari kacamata yang berbeda.

3. Hijab (2015)

hijab

Hijab via blogspot.com

Film ini bisa dibilang film dengan tema yang jujur, ringan dan tidak sulit dipahami. Namun film ini mengandung banyak pelajaran yang bisa dipetik. Bercerita mengenai 4 sahabat yang diperankan oleh Zaskian Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani dan Natasha Rizki yang awalnya memiliki cita-cita memiliki bisnis di dunia fashion muslim, 3 dari mereka telah bersuami.

Konflik terjadi saat para suami mengetahui bisnis yang digeluti oleh para istri tanpa sepengetahuan mereka. Hingga akhirnya satu dari mereka dilarang untuk berbisnis dengan alasan haram dalam ajaran agama islam. Di film ini Anda akan belajar mengenai persahabatan, keluarga, pandangan masyarakat terhadap wanita berhijab dan pemahaman nilai-nilai agama islam mengenai seorang istri dan cara berbisnis.

4. Haji Backpacker (2014)

haji backpacker

Haji Backpacker via wordpress.com

Dalam film ini Anda akan disuguhkan cerita mengenai seorang pemuda (Abimana) yang patah hati karena gagalnya pernikahan akibat mempelai wanita (Dewi Sandra) yang tiba-tiba kabur di tengah acara pernikahan. Setelah itu dia pun meluapkan kemarahannya kepada tuhan dan akhirnya pergi dari rumah tanpa tujuan. Lambat laun dia pun semakin melupakan tuhan dan ajaran agamanya.

Berada dalam jalan hidup yang sesat, pemuda itu pun melewati hari-harinya penuh dengan kecemasan dan sering dihantui mimpi buruk dalam tidurnya. Setelah beberapa kejadian buruk yang menimpanya, pemuda itu pun akhirnya menyadari bahwa dia tetaplah dilindungi oleh tuhan, walaupun dia hidup di jalan yang tidak benar.

5. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

99 cahaya

99 Cahaya di Langit Eropa via tayvandrama.com

Film ini di adaptasi dari novel karya dari Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan judul yang sama. Menceritakan mengenai agama Islam yang disebarkan dengan cara yang lebih baik dan tanpa sedikitpun kekerasan, baik dengan berdakwah, melalui pelajaran atau pengetahuan umum yang juga diselingi dengan konflik sosial dan budaya.

Film ini menimbulkan sensasi, karena saat itu di Indonesia banyak menghadapi kasus terorisme yang membawa nama agama dan isu internasional banyaknya negara di Eropa yang mendiskriminasi para kaum muslim. Di film ini Anda juga bisa tahu tentang sejarah peninggalan Islam di negara-negara Eropa.

Baca Juga : 10 Film Inspiratif yang Memberi Motivasi Bagi Entrepreneur

6. Sang Kiai (2013)

sang kiai

Sang Kiai via wordpress.com

Menceritakan mengenai sosok  K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu. Film besutan sutradara muda Rako Prijanto ini mampu membawa film bertema nuansa islam dan perjuangan ini sampai ke nominasi 86 – Oscar (penghargaan tertinggi karya film dan televisi) untuk kategori Best Foreign Language. Di film ini Anda tidak hanya menambah pengetahuan di bidang agama tapi juga sejarah para pejuang Indonesia.

7. Negeri 5 Menara (2012)

negara 5 menara

Negeri 5 Menara via tulismenulis.com

Bagi yang suka film religi dengan tema yang lebih jenaka, maka film Negeri 5 Menara ini cocok dijadikan pilihan. Film yang dibanjiri oleh banyak artis kenamaan seperti Ikang Fawzi, Lulu Tobing, Donny Alamsyah, Aryo Wahab, dan masih banyak lagi adalah film yang menceritakan tentang kehidupan 6 santri yang berasal dari daerah yang berbeda dan memiliki cita-cita yang berbeda juga. Mereka semua sering berkumpul di menara masjid pondok pesantren dan menamakan diri mereka sebagai pemilik menara. Di menara itu mereka saling membagikan keinginan mereka menguasai dunia dengan cara mereka masing-masing.

Disini Anda akan disuguhkan dengan menariknya cerita dari latar belakang kehidupan masing-masing karakternya dan bagaimana mereka bisa berteman dengan mencoba menerima perbedaan mereka masing-masing.

8. Sang Pencerah (2010)

sanga pencerah

Sang Pencerah via rsu.ac.th

Siapa yang tidak kenal dengan pahlawan nasional K.H. Ahmad Dahlan? Sosok pejuang yang ikut terlibat dalam pergerakan nasional dan pendiri dari organisasi islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah ini diperankan oleh aktor ternama Lukman Sardi. Film ini akan mengajarkan kita mengenai arti dari kesabaran dan ketaatan yang sesungguhnya.

Film besutan sutradara kondang Indonesia Hanung Bramantyo ini juga mendulang sukses yang baik di dunia perfilman Indonesia, bahkan disebut-sebut sebagai pionir munculnya film-film bertemakan pahlawan nasional lainnya.

9. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta (2010)

3 hati 2 dunia 1 cinta

3 Hati 2 Dunia 1 Cinta via wordpress.com

Jika ingin menikmati film religi dengan bertemakan cinta, film ini bisa dijadikan pilihan. Bercerita mengenai kisah cinta antara 3 insan manusia dan perbedaan agama di antara mereka. Dibintangi oleh aktor dan aktris populer Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumni Bachsin, film ini juga masuk menjadi nominasi di banyak acara penghargaan bergengsi.

Di dalam film ini bercerita mengenai hal-hal yang sering terjadi di masyarakat. Seperti hubungan cinta beda agama yang di tentang sampai ke perbedaan nilai-nilai agama yang sering menjadi konflik di masyarakat. Dari film ini Anda bisa belajar mengenai dualisme antara 2 agama (Islam dan Kristen) dan toleransi terhadap perbedaan agama yang ada.

10. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

perempuan berkalung sorban

Perempuan Berkalung Sorban via bookmyshow.com

Film ini menggambarkan tentang perjuangan seorang wanita melawan nilai-nilai adat di daerah tempat tinggalnya yang dianggap terlalu mendiskriminasi wanita. Di film ini mengandung banyak konflik sosial seperti pemaksaan kehendak sampai kekerasan dalam rumah tangga. Film ini juga lah yang berhasil melambungkan Revalina S. Temat sebagai pemeran utama karena kemampuannya dalam membawakan karakter utama film tersebut.

Film ini sempat menuai kontroversi karena alur ceritanya yang mengandung kekerasan dan bagaimana penyampaian nilai-nilai sosial dan budaya didalamnya dianggap sebagai pemicu orang-orang muslim untuk murtad. Namun dibalik semua itu, banyak sekali ilmu yang bisa kita petik seperti pandangan agama dan masyarakat terhadap perempuan muslim.

11. Emak Ingin Naik Haji (2009)

emak ingin naik haji

Emak Ingin Naik Haji via edgecastcdn.ne

Film ini akan mengajarkan kita tentang seorang anak yang berbakti dengan membantu ibunya agar bisa melaksanakan ibadah haji. Dalam film ini menceritakan bagaimana anak (Reza Rahardian) tersebut berusaha mengumpulkan uang demi bisa membantu ibunya untuk pergi haji walaupun pekerjaannya serabutan.

Walaupun sulit dan banyaknya rintangan dalam memenuhi impian ibunya, tapi dengan kerja keras dan ketabahan yang dimiliki, dia tetap berusaha sampai akhirnya keinginan sang ibu pun bisa terwujud.

12. Surga yang Tak Dirindukan 1,2 dan 3

Surga yang Tak Dirindukan

Surga yang Tak Dirindukan via flixwatch.co

Surga yang Tak Dirindukan adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2015. Diangkat dari novel karya Asma Nadia dengan judul sama, film ini dibintangi oleh Fedi Nuril sebagai Prasetya, seorang arsitek yang terpaksa menikahi seorang wanita depresi demi menyelamatkan nyawanya, Laudya Cynthia Bella sebagai Arini, istri dan cinta sejati Prasetya, dan Raline Shah sebagai Mei Rose, seorang wanita depresi yang diselamatkan oleh Prasetya dan menimbulkan berbagai konflik dalam rumah tangga Prasetya dan Arini.

13. Layla Majnun (2021)

Layla Majnun

Layla Majnun via voi.id

Layla Majnun adalah film yang diadaptasi dari sebuah kisah legenda dari tanah Arab yang begitu mahsyur hingga dikisahkan secara turun-temurun dan telah dialihbahasakan ke dalam berbagai bahasa lainnya. Kisah ini bernama Laila dan Majnun, sepasang kekasih penjalin kisah cinta abadi yang berakhir tragis.

Tapi film Layla Majnun versi Indonesia ini akan dikemas secara lebih modern dengan beberapa latar belakang cerita yang sedikit diubah agar sesuai dengan alur waktu modern yang dipilih. Film ini diisi dengan banyak aktris dan aktor populer salah satunya adalah Acha Septiarsa, Reza Rahardian dan Baim Wong.

Hiburan yang Bermanfaat

Isilah waktu luang Anda dengan hiburan yang bermanfaat, tidak hanya bertema religi, ada banyak lagi genre film yang tidak hanya memberikan Anda hiburan tapi juga manfaat lain seperti pengetahuan dan informasi. Perkaya diri dengan banyak menonton film-film yang mampu menambah wawasan Anda.

Baca Juga : Film-film yang Membuat Keluarga Lebih Harmonis

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement