Jumat 14 May 2021 08:19 WIB

Dompet Sekarat Setelah Lebaran? Sembuhkan dengan 8 Cara Ini

Keuangan menipis pasca Lebaran? Anda bisa menyehatkan kembali dengan cara ini

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Dompet Sekarat Setelah Lebaran? Sembuhkan dengan 8 Cara Ini
Dompet Sekarat Setelah Lebaran? Sembuhkan dengan 8 Cara Ini

Lebaran telah usai. Namun banyak hal yang Anda harus pikirkan setelah kembali dari kampung halaman atau menikmati libur panjang Lebaran, salah satunya biaya hidup bulanan.

Alih-alih ingin berlebaran dengan uang THR yang dimiliki, tapi Anda lupa menyisihkan uang untuk biaya kebutuhan setelah hari raya. Sayangnya nasi sudah menjadi bubur.

Anda hanya punya sisa uang dari THR maupun gaji, sambil berpikir apakah cukup sampai akhir bulan. Tidak perlu bersedih hati, ada cara untuk menyehatkan kembali keuangan Anda usai Lebaran.

Berikut tips mengatur keuangan praktis yang bisa Anda lakukan pasca Lebaran:

Baca Juga: 5 Dosa Keuangan yang Bisa Bikin Kamu Melarat Usai Lebaran

 

1. Periksa Kembali Keuangan Anda

Mengatur Keuangan

Cek Kembali Kondisi Keuangan Anda

Sama seperti tubuh ketika sakit, Anda harus lebih dulu memeriksakan kondisi tubuh untuk tahu bagian mana saja yang harus Anda obati. Begitupun dengan keuangan Anda yang "sakit" pasca Lebaran.

Jadi periksa kembali pengeluaran-pengeluaran apa saja yang dapat Anda batasi selama sebulan. Pisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara kebutuhan yang mendesak dengan kebutuhan yang dapat ditunda. Buat daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda. 

2. Menyusun Kembali Anggaran

hitung anggaranSusun Kembali Keuangan Anda

Susun kembali anggaran pengeluaran adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyehatkan kembali keuangan pasca Lebaran. Anda bisa memulainya dengan melakukan satu hal, yaitu membatasi pengeluaran bulanan Anda, selain sandang dan pangan.

Misalkan Anda biasa mengeluarkan uang sebesar Rp 300.000 setiap bulannya untuk internet. Anda bisa setop atau mengurangi biaya menjadi Rp 100.000 per bulan.

Lalu sisa dana dari penghematan dapat Anda gunakan unuk keperluan sehari-hari, seperti uang makan, transportasi bekerja, atau membayar utang.

3. Batasi Pengeluaran Harian

Uang

Perlunya Membatasi Pengeluaran Harian

Jika Anda lebih sering makan siang di luar kantor, coba untuk mulai membawa makanan dari rumah. Bangun lebih awal agar Anda sempat membuat sarapan serta bekal makan siang yang akan Anda bawa ke Kantor.

Hal ini tentu saja dapat menolong keuangan Anda usai merayakan Lebaran. Selain itu, menjaga pola makan Anda untuk tetap mengonsumsi makanan sehat yang dibuat dari rumah.

Jika Anda menggunakan mobil, untuk sementara ini coba untuk naik kendaraan umum guna menekan biaya bahan bakar yang harus Anda keluarkan. Pasalnya membeli BBM untuk mobil pribadi tidak cukup hanya satu atau dua liter seperti motor, pasti lebih dari itu dengan total pengeluaran bisa ratusan ribu rupiah.

Belum lagi kalau macet, tentu saja lebih cepat menghabiskan BBM. Kalau naik angkutan umum, misalnya busway, Anda bisa lebih hemat karena dengan membayar Rp 3.500 per sekali jalan. 

Anda dapat transit untuk sampai ke halte paling dekat dengan kantor. Lumayan kan PP hanya Rp 7.000. Dikalikan sebulan, total ongkos transport hanya Rp 210.000. 

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Pasangan Sudah Bohongin Kamu soal Uang

4. Tetapkan Biaya Harian

Keuangan

Tetapkan Biaya Harian

Tetapkan berapa biaya yang Anda boleh keluarkan. Misalnya, setiap hari Anda menetapkan Rp 60.000 untuk kebutuhan belanja. Terapkan rencana biaya itu dengan konsisten.

Jika Anda terbiasa mengambil uang dalam jumlah besar, segera pisahkan uang yang akan Anda gunakan. Ingat jangan bawa uang lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

Biasakan diri Anda menggunakan uang secukupnya. Jangan sesekali tergoda untuk melanggarnya yah. Akibatnya bisa fatal, keuangan setelah Lebaran gak sehat, malah justru makin sakit atau krisis.

5. Tunda Belanja Barang yang Tidak Anda Butuhkan

 berbelanja pakaianBerbelanja

Untuk sementara waktu, tunda belanja barang-barang yang tidak Anda butuhkan atau masih dapat ditunda. Dalam situasi krisis pasca Lebaran seperti ini, menahan diri dari godaan belanja barang-barang yang Anda suka, namun tidak terlalu dibutuhkan sangat disarankan. Bersabar sampai keuangan Anda kembali normal seperti sedia kala.

6. Tetap Menabung dan Sisihkan untuk Dana Darurat

Uang

Menabung dan Dana Darurat

Meski keuangan sedang menipis pasca Lebaran, disarankan Anda tetap menabung atau menyisihkan uang untuk dana darurat. Ambil saja dari hasil penghematan makan, transportasi, atau belanja.

Walaupun tidak banyak jumlahnya, setidaknya Anda tetap memikirkan masa depan. Tabungan maupun dana darurat sangat penting jika suatu waktu Anda kepepet atau jatuh sakit, dan membutuhkan dana segar dalam situasi mendesak.

Baca Juga: 6 Tips Aman Menyimpan Uang di Bank Biar Hati Tenang

7. Cari Penghasilan Tambahan

freelancer

Mencari penghasilan tambahan

Bila pengeluaran sudah berusaha Anda hemat, dan ternyata keuangan masih belum stabil, putar otak. Berarti Anda harus meningkatkan penghasilan.

Anda dapat mencari pekerjaan tambahan tanpa mengeluarkan modal, seperti menjadi reseller dan jualan online, jadi freelancer, guru les privat, ojek daring, dan pekerjaan lainnya yang menghasilan pundi-pundi uang.

Selain ‘menjual skill,’ cara lain mencari penghasilan tambahan adalah mengubah hobi jadi duit. Misalnya suka fotografer, buka jasa fotografi untuk pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara lain.

Modalnya yang penting tekun dan gencar promosi, pasti menjanjikan. Dari situ, uang akan mengalir dan bisa untuk menutup biaya hidup, serta disisihkan untuk tabungan sebagai bekal hari tua nanti.

8. Hindari Utang Konsumtif

Uang

Hindari utang konsumtif

Kalau keuangan lagi 'sakit' setelah libur panjang Lebaran, jangan menambah parah dengan berutang. Misalnya gesek kartu kredit untuk keperluan yang sifatnya konsumtif. Sebab, Anda pasti akan mendapat tagihan yang wajib dibayar. Ini akan menjadi beban keuangan Anda.

Disiplin!

Kunci dari semuanya adalah disiplin. Tidak mudah memang menjalani kehidupan sehari-hari dengan dana terbatas. Namun ingat tujuan Anda melakukan ini, agar keuangan Anda kembali sehat. Jadi, bersabarlah untuk sementara waktu. Lewati masa pemulihan ini dengan disiplin.

Lakukan pengecekan rutin terhadap keuangan Anda. Semakin Anda disiplin dalam menggunakan uang, semakin cepat pula Anda pulih dari masa krisis pasca Lebaran ini.

Ingat, pergunakan uang Anda dengan bijak, dan cermat melihat segala yang benar-benar Anda butuhkan, karena cermat itu akan membuat Anda lebih bahagia.

Baca Juga: Biar Gak Maju Mundur Lagi, Begini Cara Mudah Investasi untuk Milenial

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement