Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Masih Pandemi, Warga Depok Diminta Mendekat kepada Allah

Kamis 13 May 2021 22:41 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: A.Syalaby Ichsan

Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Foto: Dok Pemkot Depok
Allah menyatakan pertolongan-Nya sangat dekat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Lebaran Idul Fitri 1552 H, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak umat Islam untuk memaknai momen perayaan lebaran dengan semakin mendekatkan diri kepada pertolongan Allah SWT. Terlebih, dia menjelaskan, saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Mereka bertanya kapan datangnya pertolongan Allah SWT. Dengan tegas Allah SWT, menjawab ketahuilah bahwa pertolongan Allah SWT itu dekat," ujar Idris, saat Khotbah Sholat Idul Fitri 1442 H di kediamannya, di Cilodong, Kota Depok, Kamis (13/5). 
 
Menurut Idris, Allah SWT secara tegas dan lugas mengatakan bahwa pertolongan-Nya sangatlah dekat, karena Allah SWT melihat ikhtiar dan keistiqomahan umatnya. Sekarang ini, umat muslim di seluruh dunia juga merayakan Hari Raya Idul Firi kedua kalinya di masa pandemi Covid-19.  
 
"Kita sekarang berlebaran Idul Fitri sudah tahun kedua di masa pandemi Covid-19 dan Allah SWT akan melihat ikhtiar-ikhtiar maksimal kita dan keistiqomahan kita," terangnya.
 
Lanjut Idris, terdapat empat indikator istiqomah yang dapat diteladani dari sahabat Rasulullah SAW. Pertama, adalah mereka yang mengorientasikan, mengarahkan wajahnya, dan hidupnya kepada Allah SWT. 
 
Kedua, mereka yang mampu mengendalikan diri dari hawa nafsu yang mengganggu dan menjerumuskan. Selama ibadah puasa, imbuhnya, umat muslim telah melakukan syiam atau menahan diri. "Disitulah lulusnya seorang yang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan dan mendapatkan jati dirinya pada saat lebaran Idul Fitri," jelasnya.
 
Kemudian, lanjut Idris, ketiga adalah sabar, tegar, teguh terus menghadapi bencana-bencana yang diberikan oleh Allah SWT. Keempat, harus belajar dari peringatan-peringatan Allah SWT. "Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini, bisa jadi adalah peringatan bagi kita, peringatan kelalaian kita dari euforia, euforia keriaan atau kesukariaan yang tidak di ridoi oleh Allah SWT," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA