Bersyukur Kunci Menemukan Kebahagiaan

Red: Agung Sasongko

 Jumat 14 May 2021 03:22 WIB

Kebahagiaan yang menular/ilustrasi Foto: salon.com Kebahagiaan yang menular/ilustrasi

Bersyukur adalah kunci manusia menemukan kebahagiaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersyukur adalah kunci manusia menemukan kebahagiaan. "Bersyukur adalah kata kuncinya," ungkap  Khatib Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Prof Dr KH Imam Mawardi saat menyampaikan Khutbah Shalat Id bertema "Mencari bahagia dengan kembali ke setting awal fitrah Ramadhan" di hadapan ribuan jamaah di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5).

Ia juga menerangkan bahwa saat menjalankan ibadah shalat yang dibaca adalah Al Fatihah, dan diawali kalimat "Bismillahirrahmanirrahim" diikuti "Alhamdulillahirabbilalamin" sebelum ke ayat-ayat berikutnya."Artinya, itu merupakan pertanda ikatan hati dengan Allah, dan membuktikan bahwa syukur adalah kunci kebahagiaan umat manusia," ucapnya.

Baca Juga

Setiap manusia, kata dia, diciptakan oleh Allah dengan cinta kasih dan sayang, yang berarti berpotensi mempunyai kebahagiaan.Namun, lanjut dia, masih banyak manusia yang berusaha menemukan kebahagiaan ke manapun, malah bertemu dengan penderitaan.

"Mengapa sulit untuk menemukan bahagia, tapi justru mudah mendapatkan derita? Ini karena kebahagiaan kita tercuri dalam kehidupan," katanya.

"Allah menciptakan manusia untuk bahagia, dan kita harus bahagia. Kalau kita beristiqomah di jalan Allah, pasti bahagia," tutur Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut menambahkan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X