Kamis 13 May 2021 17:58 WIB

Singapura Laporkan 17 kasus Covid-19 dari Klaster Bandara

Temuan 24 dari 17 kasus baru Covid-19 terkait dengan klaster di Bandara Changi.

Bandara Changi di Singapura.
Foto: EPA-EFE/WALLACE WOON
Bandara Changi di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Kementerian Kesehatan Singapura pada Kamis (13/5) melaporkan 24 kasus Covid-19 yang ditularkan secara lokal. Ini merupakan jumlah harian tertinggi sejak pertengahan September, dengan 17 kasus baru terkait dengan klaster di Bandara Changi.

Pihak berwenang telah mulai mengelar tes untuk semua pekerja di bandara beberapa hari yang lalu, setelah mendeteksi klaster tersebut. Mereka juga membatasi akses ke terminal hanya untuk penumpang dengan tiket dan pekerja penting selama dua pekan, mulai Kamis (13/5).

Baca Juga

Setelah berbulan-bulan melaporkan sejumlah kasus lokal baru, infeksi di Singapura telah meningkat. Ini mendorong pihak berwenang untuk memperketat aturan jarak sosial dari pekan lalu.

Pada Rabu (12/5), jumlah kasus yang tidak terkait di komunitas meningkat menjadi 12 dalam sepekan terakhir dari tujuh pada pekan sebelumnya, menurut pernyataan kementerian kesehatan. Meskipun kasus harian Singapura relatif kecil dari jumlah yang dilaporkan di antara negara tetangganya di Asia Tenggara, lonjakan infeksi akan menjadi kemunduran bagi pusat bisnis Asia itu. Sebab, SIngapura telah berhasil membendung laju wabah sebelumnya.

Kasus-kasus baru muncul saat Singapura menyiapkan gelembung perjalanan dengan Hong Kong yang akan dimulai pada 26 Mei setelah penangguhan tahun lalu. Negara kota itu juga akan menjadi tuan rumah KTT keamanan Dialog Shangri-La awal bulan depan dan KTT tahunan Forum Ekonomi Dunia pada Agustus.

Singapura telah melaporkan lebih dari 61 ribu kasus virus, dengan sebagian besar terkait dengan wabah di asrama pekerja asing, serta 31 kematian. Tak satu pun dari kasus baru pada Kamis berasal dari asrama, menurut laporan awal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement