Jumat 14 May 2021 14:15 WIB

Ini Camilan Enak yang tak Bikin Gemuk

Memilih camilan yang sehat bisa menjadi cara turunkan berat badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Memilih camilan yang sehat bisa menjadi cara turunkan berat badan.
Foto: Flickr
Memilih camilan yang sehat bisa menjadi cara turunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap orang memiliki hobi ngemil alias mengonsumsi camilan. Sayangnya, kebiasaan ngemil juga dapat memicu kenaikan berat badan yang kurang diharapkan.

Memilih makanan yang dikonsumsi menjadi cara untuk mengendalikan hobi ngemil. Untungnya, serangkaian penelitian baru yang baru saja dilakukan di University of California, Los Angeles, memiliki saran bagi siapa pun yang ingin mulai makan lebih sehat atau menurunkan berat badan. Camilan tergolong sempurna yang dapat menjadi pilihan, antara lain, kacang pohon (pistachio, kacang mete, kenari dan lainnya.

Baca Juga

Studi baru menemukan bahwa menambahkan bermacam-macam kacang pohon ke program penurunan berat badan, dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan dan meningkatkan rasa kenyang. Mengapa kacang pohon adalah camilan yang sempurna?

Rasa kenyang adalah cara lain untuk merasa kenyang setelah makan. Hal ini merupakan aspek penting dari temuan tersebut. Menambahkan kacang pohon ke dalam pola makan harian dapat membantu menangkal keinginan akan camilan yang kurang ideal seperti keripik, permen, dan makanan olahan lainnya.

“Kacang pohon (almond, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, macadamias, pecan, kacang pinus, pistachio, dan kenari) merupakan sumber protein, lemak sehat, dan serat yang hebat,” jelas ketua peneliti, Zhaoping Li, MD, Ph.D ., Profesor Kedokteran dan Kepala Divisi Nutrisi Klinis di UCLA. 

Kacang dapat membuat perut sangat kenyang. Peneliti melihat lebih sedikit penambahan bobot badan pada kelompok pengonsumsi kacang pohon, dan tingkat putus sekolah yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pretzel.

Sebanyak 95 wanita dan pria obesitas atau kelebihan berat badan (30-68 tahun) dipisahkan menjadi dua kelompok diet. Satu makan 1,5 ons kacang pohon setiap hari dan yang lainnya makan pretzel dalam jumlah yang sama. 

Kondisi itu berlangsung selama 12 pekan, dan setiap camilan memberikan jumlah kalori yang sama. Setelah itu, 12 pekan lagi dihabiskan untuk program pemeliharaan berat badan isokalorik.

Sekarang, kedua kelompok tersebut akhirnya kehilangan berat badan yang signifikan, dan juga melihat penurunan BMI mereka. Meski begitu, perasaan kenyang dan kepuasan jauh lebih tinggi pada akhir program 24 pekan penuh di antara para pemakan kacang.

Kelompok pemakan kacang juga menunjukkan detak jantung yang lebih rendah dan "tren pemeliharaan berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok pretzel." Akhirnya, jauh lebih banyak anggota kelompok eksperimen pretzel (35,9 persen) yang berhenti dari penelitian di tengah jalan daripada pemakan kacang (16,4 pesen). Kemungkinan lebih mudah makan kacang setiap hari daripada pretzel.

Studi terbaru ini menambah bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi kacang dapat menjadi alat yang berguna dalam manajemen berat badan, menurut Maureen Ternus, MS, RDN, Direktur Eksekutif International Tree Nut Council Nutrition Research & Education Foundation (INC NREF) .

“Kami tahu kebanyakan orang mendapatkan sekitar 25 persen kalori mereka setiap hari dari makanan ringan dan sebagian besar berasal dari makanan penutup, minuman yang dimaniskan dengan gula, permen, dan makanan ringan asin,” kata Dr. Li menyimpulkan. 

Maka dengan mengganti satu camilan dengan 1,5 ons kacang pohon, dapat memberikan dampak positif pada berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Hal itu sekaligus adalah salah satu paradoks besar dalam hidup bahwa makanan yang paling sehat bagi tubuh, sering kali rasanya tidak begitu enak. Akan tetapi, setidaknya kacang pohon dapat memberikan rasa yang lumayan lezat untuk diet sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement