Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Pengelola Pemakaman Islam Imbau Warga tak Ziarah Kubur

Rabu 12 May 2021 23:38 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pengelola Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Memorial Garden meniadakan ziarah kubur yang biasa dilaksanakan umat muslim menjelang Idul Fitri.

Pengelola Taman Pemakaman Muslim Al Azhar Memorial Garden meniadakan ziarah kubur yang biasa dilaksanakan umat muslim menjelang Idul Fitri.

Foto: AMG
Pemakaman Islam Al Azhar berpedoman pada seruan MUI untuk meniadakan ziarah kubur

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pengelola Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden mengimbau agar selama masa pandemi tidak melakukan ziarah kubur ke lokasi pemakaman pada saat Idul Fitri 1442 untuk mencegah berkembangnya penularan Covid-19 dan demi mendukung larangan mudik yang ditetapkan pemerintah.

Seperti dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, ziarah kubur akan ditiadakan selama Idul Fitri 1442 Hijriah. Seluruh tempat pemakaman umum di wilayah Jabodetabek akan ditutup bagi para peziarah. Begitu juga disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya bahwa Pemda seluruh Jabodetabek sepakat untuk meniadakan ziarah ke pemakaman. Jadi ziarah ke pemakaman akan ditutup kecuali kegiatan pemakaman.

Selain itu di awal April Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau agenda ziarah kubur sebaiknya ditiadakan pada masa pandemi Corona dan diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing.

Zainut Tauhid menuturkan bahwa ziarah kubur memang amalan baik karena mengingatkan kematian. Terlebih lagi jika ziarah kubur dilakukan menjelang Ramadan. 

Hanya saja, lanjut dia, jika pandemi Covid-19 belum berakhir, agenda ziarah ke makam orangtua, kerabat, dan saudara yang telah meninggal tersebut, dapat diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing.

Direktur Pemakaman Islam Al Azhar Nugroho Adiwiwoho di Karawang, Selasa, mengatakan seruan MUI ini akan jadi pedoman agar tradisi ziarah kubur tidak dilaksanakan selama wabah. Oleh karenanya diimbau agar tidak melakukan ziarah kubur selama Idul Fitri 1442 Hijiriah yaitu tanggal 12-16 Mei.

Meskipun demikian, menurut Nugroho, prosesi pemakaman di Pemakaman Islam Al Azhar tetap dapat dilaksanakan dan akan diterapkan protocol kesehatan 5M yang ketat yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. 

Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden berlokasi di Karawang Timur, tepat di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek dan dapat diakses secara cepat dari Jakarta karena bisa melalui Tol Layang Jakarta Cikampek.

Sejak 2011, pemakaman Islam ini dikelola oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar untuk melayani umat muslim yang memakamkan jenazah sesuai syariah Islam yaitu makam khusus Muslim dan tidak bercampur dengan makam nonmuslim. Selain itu juga makam tidak terinjak, terlangkahi atau diduduki karena adanya walkway di depan setiap makam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA