Wali Kota Sukabumi Blusukan Bagikan Sembako & Kue Lebaran

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Warga di sekitar rumah dinas Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mendapatkan bantuan sembako dan kue lebaran di malam takbiran, Rabu (12/5) malam.
Warga di sekitar rumah dinas Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mendapatkan bantuan sembako dan kue lebaran di malam takbiran, Rabu (12/5) malam. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Momen malam takbiran di Kota Sukabumi diwarnai dengan aksi berbagi kepada warga yang membutuhkan. Salah satunya dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi yang membagikan paket sembako dan kue lebaran kepada warga di sekitar rumah dinas di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikole, Rabu (12/5) malam.

Aksi ini diharapkan membantu warga agar bisa merayakan Idul Fitri dengan penuh kegembiraan. '' Saya hanya ingin memastikan apa yang sebenarnya terjadi dengan warga saya saat akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di sela-sela membagikan bantuan.

Misalnya apakah mereka juga seperti yang lain sudah mempunyai makanan untuk dimasak di hari lebaran atau sebaliknya. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab sosial sebagai Wali Kota yang harus tahu apa yang sedang terjadi dengan warga saat menghadapi lebaran.

''Jangan sampai saya larut dengan rutinitas kerja dan abai dengan nasib warga,'' imbuh Fahmi. Di samping itu juga perlu dilakukan dalam kerangka mendidik, merawat dan mengasah diri agar selalu memiliki kepekaan sosial.

Sebab lanjut Fahmi, terkadang tidak mengetahui ditengah warga yang lain mungkin sedang bersuka cita merayakan lebaran, tapi ada warga saya yang lain sedang bersedih tak punya makanan untuk dimasak di hari raya lebaran. '' Untuk itu mari sahabat tengok tetangga-tetangga kita barangkali ada yang bernasib berbeda,'' imbuh dia.

Sebab bagaimanapun mereka tetap memerlukan kepedulian bersama. Sebelumnya kata Fahmi, aksi serupa juga dilakukan selepas melaksanakan shalat tarawih di perkampungan warga. Di mana pada kesempatan itu wali kota juga menyampaikan pentingnya protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Intinya sebagai kepala daerah ungkap Fahmi, ia memiliki tanggungjawab untuk memastikan tak ada warganya yang tidak memasak pada malam takbiran karena tiada beras. Sebab itulah, ia merasa harus turun langsung ke beberapa titik tertentu di masyarakat.

Salah seorang warga Rahmat (34 tahun) menyambut baik aksi sosial yang dilakukan wali kota Sukabumi kepada warga di sekitar rumah dinas. ''Alhamdulillah di malam takbiran masih ada kepedulian untuk berbagi,'' imbuh dia.

Menurut dia, sosok wali kota Sukabumi ini dekat dan peduli pada warga. Apalagi bantuan ini sangat bermanfaat untuk memyambut hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Menurunnya Minat Membeli Kue Roti Khas Lebanon

Ratusan Pengunjung Pusat Perbelanjaan Sukabumi Dites Antigen

Satgas Covid-19 Nasional Pantau Penerapan PPKM di Sukabumi

Sejarah Pinneaple Tart Alias Nastar

Jelang Lebaran, Penjualan Kue Kaleng Meningkat (2)

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image