Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Pimpinan DPD Diminta Ikut Selesaikan Persoalan Papua

Kamis 13 May 2021 07:32 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

Filep Wamafma

Filep Wamafma

Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Senator minta pimpinan DPD ikut turun tangan selesaikan persoalan Papua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPD RI daerah pemilihan Papua Barat, Filep Wamafma mengingatkan pimpinan DPD RI untuk segera turun tangan membantu penyelesaian konflik di Papua. 

"Saya mengingatkan kepada ketua DPD dan pimpinan DPD terkait dengan yang pertama hasil pansus Papua yang telah memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada pemerintah dan juga pihak-pihak terkait," kata Filep saat dikonfirmasi Republika, Jumat (7/5).

Baca Juga

Selain itu, dirinya juga mengingatkan pimpinan DPD terkait hasil kerja yang telah dilakukan Komite I terkait penanganan konflik di Papua. Dirinya menyayangkan sikap pemerintah yang tidak menggubris rekomendasi DPD.

"Oleh sebab itu kita minta bahwa karena pemerintah tidak menggubris rekomendasi pandangan dan keputusan DPD tentang penyelesaian masalah Papua maka dalam paripurna kemarin kita minta kepada ketua DPD pimpinan untuk mengambil alih di tingkat yang paling tinggi agar menghadirkan sejumlah pihak yang terlibat dalam penyelesaian konflik Papua," ujarnya.

Ia berharap DPD serius menyikapi persoalan yang terjadi di Papua.  Berdasarkan histori penyelesaian Papua, menurutnya DPD banyak berperan termasuk membentuk Pansus Papua dan dibahas secara khusus pada komite pada sidang sebelumnya.

"Sehingga tidak lagi ada korban warga sipil yang berjatuhan tapi ada solusi yang komprehensif dalam menyelesaikan persoalan di Papua," ungkapnya   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA