Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Disdukcapil Depok Usung Pelayanan yang Membahagiakan Warga

Kamis 13 May 2021 06:10 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bayu Hermawan

Pelayanan Disdukcapil. (Ilustrasi)

Pelayanan Disdukcapil. (Ilustrasi)

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Disdukcapil Depok ingin berikan pelayanan yang membahagiakan warga.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok akan terus berupaya mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat. Komitmen tersebut menjadi rencana dalam Forum Rencana Strategis (Restra) Tahun 2021-2026. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan Disdukcapil merupakan dinas pelayanan publik yang melayani hak dasar warga, mulai dari lahir hingga meninggal. Maka, strategi yang akan dikedepankan untuk membahagiakan warga dengan inovasi pelayanan dan pemanfaatan teknologi. 

Baca Juga

"Karena melayani hak dasar warga, inovasi menjadi hal yang penting untuk lima tahun ke depan. Pergerakan masyarakat yang cepat menuntut untuk terus melalukan inovasi," ujar Nuraeni.

Menurut Nuraeni, pihaknya harus memiliki target-target kinerja agar dapat terlampaui, seperti akta lahir, akta kematian dan lainnya. Sebab, jika kinerja pelayanan tidak memenuhi target harus ada inovasi yang dilakukan. 

"Misalnya dengan jemput bola ke rumah-rumah warga, selama ini sudah kami lakukan," ucapnya.

Nuraeni menambahkan, dalam proses perencanaan ini, membenahi Sumber Daya Manusia (SDM) juga penting. Pasalnya, inovasi akan berkembang ketika semua yang melakukan pelayanan punya semangat tinggi dalam mewujudkannya.

"Inovasi pada dasarnya memudahkan yang dilayani dan yang melayani. Inovasi tidak boleh berhenti dan butuh dukungan serta semangat teman-teman di Disdukcapil," pungkas Nuraeni. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA