Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Berapa Jumlah Khutbah Idul Fitri? Ini Fatwa Syekh Ali Jumah

Rabu 12 May 2021 17:18 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Para ulama sepakat jumlah khutbah Idul Fitri adalah dua kali khutbah. Ilustrasi khutbah idul fitri

Para ulama sepakat jumlah khutbah Idul Fitri adalah dua kali khutbah. Ilustrasi khutbah idul fitri

Foto: Republika
Para ulama sepakat jumlah khutbah Idul Fitri adalah dua kali khutbah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mantan mufti agung Mesir yang juga anggota Dewan Ulama Senior, Syekh Dr Ali Jumah menyampaikan penjelasan soal khutbah pada saat melaksanakan shalat Idul Fitri. Dia mendapat pertanyaan, apakah khutbah pada sholat Idul Fitri dilakukan satu kali atau dua kali?

Syekh Ali Jumah menjelaskan, berdasarkan riwayat dari Ibnu Hazm, jumlah khutbah yang disepakati pada sholat Idul Fitri adalah dua khutbah.

Baca Juga

Dia menambahkan, kesepakatan tersebut tidak ada yang tidak setuju. "Kami tidak tahu dari mana pertanyaan itu berasal," tutur dia.

Syekh Ali Jumah mengatakan, kalangan yang menganggap bahwa khutbah sholat Idul Fitri hanya satu kali, berarti itu didasarkan pada interpretasi mereka terhadap banyak riwayat yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW.

Riwayat tersebut menggunakan kata 'khatiba” yang berarti berkhutbah hanya sekali, dalam tafsiran mereka. Begitu pun khutbah sholat Jumat yang dilakukan dengan dua kali khutbah. Umat Muslim di Timur dan Barat sepakat khutbah sholat Jumat dilakukan dua kali. Ibnu Hazm dalam kitab Al-Muhalla, menyampaikan:

"Saat salam, maka imam berdiri untuk memberikan khutbah di hadapan para jamaah dengan dua kali khutbah. Di antara dua khutbah tersebut terdapat duduk. Jika kedua khutbah itu selesai barulah jamaah bubar. Apabila imam berkhutbah sebelum sholat, maka itu bukan khutbah dan tidak wajib diam saat itu. Semua ini tidak ada perselisihan ulama di dalamnya."  

 

Sumber: masrawy

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA