Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Kementan Dorong UMKM Hortikultura Tampilkan Kemasan Menarik

Rabu 12 May 2021 15:10 WIB

Red: Gita Amanda

Tampilan kemasan akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya terus mengedepankan produk hortikultura berdaya saing.

Tampilan kemasan akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya terus mengedepankan produk hortikultura berdaya saing.

Foto: Kementan
Tampilan kemasan akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persaingan usaha, khususnya untuk kalangan UMKM, sekarang ini semakin berkembang dan semakin ketat persaingannya, setiap hari aneka produk baru bermunculan. Produk olahan hortikultura tidak ketinggalan. Berbagai inovasi produk pun telah banyak dihasilkan.

Bukan tanpa kendala, sifat produk hortikultura yang gampang rusak menjadi permasalahan sehingga hal ini tak lepas dari teknologi pengemasan. Tampilan kemasan juga akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya terus mengedepankan produk hortikultura berdaya saing.

Pengertian kemasan sendiri adalah wadah atau pembungkus bagi produk yang mempunyai peranan penting dalam upaya mempertahankan mutu dan keamanan produk serta meningkatkan daya tarik produk. Sebuah “produk” erat kaitannya dengan kemasan (packaging). Tanpa kemasan, hasil produksi tidak dapat disebut produk. Oleh karenanya kemasan harus dibuat semenarik mungkin agar dapat meningkatkan penjualan produk. Selain menarik, kemasan harus dapat menjaga kualitas produk sampai saat di tangan konsumen.

“Saat ini produk olahan hortikultura tidak kalah bersaing dengan produk dari luar negeri, baik dari rasa dan variasi olahannya. Terpenting adalah bagaimana memberikan branding produk olahan sehingga dapat meningkatkan nilai tambah produk,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura mengapresiasi webinar terkait proses pengemasan produk yang diselenggarakan beberapa hari lalu, seperti dalam siaran pers, Rabu (12/5).

Baca Juga

photo
Tampilan kemasan akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya terus mengedepankan produk hortikultura berdaya saing. - (Kementan)

Webinar ini diikuti oleh 460 peserta yang tampak antusias mengikuti acara ini. Topik ini dirasa sangat menarik dan dibutuhkan oleh UMKM apalagi pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini para pelaku UMKM banyak mengandalkan pemasarannya melalui e-commercial atau penjualan online. Packaging atau tampilan yang menarik menjadi salah satu syarat utama dalam proses pemasaran.

“Selain sifat yang mudah rusak oleh kontaminasi bakteri, sinar matahari maupun bau, selain dari segi teknologi pengolahan, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis kemasan yang sesuai untuk setiap produk, agar produk bisa bertahan lebih lama dan tentunya menambah penghasilan,” ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Bambang Sugiharto melalui telepon, Selasa (11/5) lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA