Sebagian Umat Islam di Nagan Raya Sudah Rayakan Idul Fitri

Red: Agung Sasongko

Rabu 12 May 2021 15:00 WIB

Jamaah Tarekat Syattariah melaksanakan shalat Idul fitri 1442 Hijriah di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan Desa Peuleukung, Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh, Rabu (12/5/2021). Jamaah Syattariah melaksanakan shalat Idul fitri 1442 Hijriah lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan Pemerintah. Foto: SYIFA YULINNAS/ANTARA FOTO Jamaah Tarekat Syattariah melaksanakan shalat Idul fitri 1442 Hijriah di halaman Masjid Syaikhuna Habib Muda Seunagan Desa Peuleukung, Seunagan Timur, Nagan Raya, Aceh, Rabu (12/5/2021). Jamaah Syattariah melaksanakan shalat Idul fitri 1442 Hijriah lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan Pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan umat Islam pengikut Tarikat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sejak Rabu (12/5) pagi sudah mulai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Adapun pelaksanaan shalat Idul Fitri tersebut terpantau dipusatkan di dua lokasi masing-masing kawasan Peuleukung Kecamatan Seunagan Timur, Desa Blang Puuk Kecamatan Seunagan, serta di Desa Cot Ganti Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Aceh.

Baca Juga

"Alhamdulillah, pelaksanaan ibadah Shalat Id yang kita lakukan hari ini, setelah umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama tiga puluh hari lamanya," kata Said Kamaruddin selaku imam Shalat Id di Nagan Raya.

Menurutnya, penetapan jatuhnya satu Syawal 1442 Hijriyah yang dilaksanakan tersebut, sesuai dengan metode perhitungan sistem bilangan lima yang berlaku dalam ajaran agama Islam.Hal ini, juga sesuai dengan musyawarah dan keputusan para ulama dayah pengikut Thariqat Syattariyah, saat menetapkan awal Ramadhan dan Hijriyah 1442 Hijriyah.

Meski sudah melaksanakan ibadah ShalatIdul Fitri lebih awal, namun pelaksanaan ibadah shalat tersebut tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah, termasuk menyediakan sarana cuci tangan dan sabun.Para jamaah juga diimbau agar tetap memakai masker dan wajib mencuci tangan sebelum beribadah.