Rabu 12 May 2021 14:10 WIB

Kirim Serang Balasan, Hamas Luncurkan 130 Roket ke Tel aviv

Roket Hamas itu tanggapan atas serangan udara Israel yang meratakan blok menara Gaza.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Karta Raharja Ucu
Roket diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel, Senin, Mei. 10, 2021
Foto: AP/Khalil Hamra
Roket diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel, Senin, Mei. 10, 2021

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Hamas telah menembakkan lebih dari 130 roket ke Tel Aviv pada Selasa (11/5) malam sebagai tanggapan atas serangan udara Israel yang meratakan blok menara di Jalur Gaza. Sebuah blok perumahan 13 lantai di Jalur Gaza runtuh pada Selasa malam setelah terkena serangan udara Israel.

Rekaman video menunjukkan tiga kepulan asap hitam tebal naik dari menara Gaza, lantai atasnya masih utuh saat jatuh. Bangunan itu menampung kantor yang digunakan oleh kepemimpinan politik penguasa Islam di wilayah kantong itu, Hamas, dilansir di Arab News, Rabu (12/5).

Listrik di sekitar lokasi padam, dan warga menggunakan senter. Tak lama setelah serangan itu, Hamas dan kelompok Jihad Islam mengatakan mereka akan membalas dengan menembakkan roket ke Tel Aviv.

photo
Asap mengepul setelah pasukan Israel menyerang di Gaza di Kota Gaza, Senin 10 Mei 2021. - (AP/Hatem Moussa)

Sirene serangan udara dan ledakan terdengar di sekitar kota, dan langit diterangi oleh rentetan rudal pencegat yang diluncurkan ke arah roket yang datang. Pejalan kaki berlindung, dan pengunjung keluar dari restoran Tel Aviv sementara yang lain tiarap di trotoar saat sirene berbunyi. Stasiun televisi Israel mengatakan tiga orang terluka di pinggiran kota Holon.

Otoritas Bandara Israel mengatakan telah menghentikan lepas landas di bandara Ben Gurion Tel Aviv untuk memungkinkan pertahanan langit. Departemen Luar Negeri AS mendesak kedua belah pihak menahan diri.

"Kami sekarang memenuhi janji kami," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement