Rabu 12 May 2021 20:38 WIB

Perlunya Pola Kerja Seimbang Demi Kesehatan Mental

Pola kerja fleksibel bahkan tidak mengenal waktu, menimbulkan fenomena burn out.

Lelah bekerja (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Lelah bekerja (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikiater Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Gina Anindyajati SpKJ, mengajak masyarakat untuk menjalani gaya hidup work-life balance. Ini adalah gaya hidupmenyeimbangkan ritme kerja di rumah.

Pandemi yang mewabah setahun lamanya membuat gaya hidup dan aktivitas sehari-hari menjadi berubah. Misalnya, bekerja di rumah yang mengharuskan pekerja lebih berkawan dengan teknologi demi menyelesaikan pekerjaan setiap hari.

Baca Juga

Dengan pola kerja yang semakin fleksibel bahkan tidak mengenal waktu, menimbulkan fenomena baru seperti burn out dan Zoom fatigue. Kondisi ini ditandai dengan pekerja merasa sangat lelah secara mental dan fisik karena pekerjaan yang seakan tidak ada habisnya walaupun tidak perlu ke kantor.

Gina mengatakan bahwa work-life balance adalah konsep yang sudah lama digaungkan. Ini merupakan kondisi ideal yang diharapkan bisa dicapai semua orang.

 

"Bicara tentang work-life balance artinya bicara tentang prioritas, memilih dan menjalankan aktivitas berdasarkan prioritas. Hal ini dapat berbeda untuk tiap orang karena kondisi masing-masing orang juga berbeda," kata dr. Gina.

Pada prinsipnya, work-life balance memungkinkan seseorang merasa puas dengan apa yang dikerjakannya dalam hal pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Gaya hidup demikian juga tidak menimbulkan permasalahan dalam relasi dengan orang dekatnya.

Meski tidak bisa langsung diterapkan secara instan, Gina memberikan sejumlah kiat bagi pekerja yang mungkin merasakan kelelahan karena bekerja. Menurut dr. Gina, untuk mengatasi kelelahan berlebihan seperti Zoom fatigue, diperlukan pengaturan prioritas tentang mana pertemuan daring yang memang harus dilakukan. Di sisi lain, ada juga pertemuan yang bisa didiskusikan dengan cara lain (misal surel atau telepon).

"Perlu juga dilakukan pengaturan waktu untuk melakukan pertemuan daring sesuai dengan anjuran kesehatan, ada jeda antara pertemuan dengan durasi pertemuan yang tetap menjaga kesehatan mata para pekerja," kata dia.

"Lakukan peregangan jika mengikuti pertemuan daring secara berkelanjutan dan atur waktu jeda antar tiap pertemuan," ujarnya menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement