Rabu 12 May 2021 12:40 WIB

Doa Nabi Ibrahim Beserah Diri

Nabi Ibrahim berdoa berserah diri.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Doa Nabi Ibrahim Beserah Diri. Foto: Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Doa Nabi Ibrahim Beserah Diri. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nabi Ibrahim as menjadi teladan para nabi dalam berdakwah termasuk dalam menyampaikan untaian kata dalam doa. Doa Nabi Ibrahim diabadikan dalam surah Mumtahanah ayat 4.

رَّبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Baca Juga

Rabbana 'alaika tawakkalna wa ilaika anabna wa ilaikal mashir.

Berdasarka tarjamah Tafsiriyah surah al-Mumtahanah ayat 4 itu adalah.  "Wahai Tuhan kami, hanya kepada-Mu kami bertawakkal, dan hanya kepada-Mu kami bertaubat, dan hanya kepada-Mu tempat kembali."

"Saudaraku, ayat ini menjelaskan tentang keteladanan dari Nabi Ibrahim tentang bagaimana bersikap dengan nonmuslim," kata Pendiri Pesantren Haji dan Umrah Ustaz Rafiq Jauhary Lc saat menyampaikan tausiahnya Rabu (12/5).

Ustaz Rafiq mengatakan, perlu diketahui bahwa Nabi Ibrahim adalah satu di antara dua Nabi yang diberikan gelar sebagai Uswatun Hasanah. Pada ayat ini beliau juga mengajarkan sebuah doa yang menunjukkan kualitas keimanannya. 

"Yaitu menjadikan tawakkal sebagai wasilah dalam berdoa, dan tawakkal adalah buah yang tumbuh hanya dari seorang yang memiliki keimanan yang kuat," katanya.

Kemudian setelahnya Nabi Ibrahim mengucapkan sebuah ikrar yang juga sekaligus menjadi harapan bahwa beliau hanya mengharap ampunan dari Allah, karena hanya kepada-Nya lah kita akan kembali.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement