Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Masjid Agung Sunda Kelapa Gelar Shalat Idul Fitri 1442 H

Rabu 12 May 2021 11:45 WIB

Red: Irwan Kelana

Panitia pembayaran zakat Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat, masih membuka kesempatan kepada masyarakat untuk membayar zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah sampai hari ini, Rabu (12/5) pukul 18.00.

Panitia pembayaran zakat Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat, masih membuka kesempatan kepada masyarakat untuk membayar zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah sampai hari ini, Rabu (12/5) pukul 18.00.

Foto: Dok MASK
Khatibnya Prof Jimly Asshiddiqie dan imam Syekh Essam Al-Mizgagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 telah melanda  Indonesia lebih dari setahun yang lalu dan banyak kegiatan keagamaan dibatasi untuk menghindari terjadinya klaster baru. 

Masjid Agung Sunda Kelapa  (MASK) akan menggelar Shalat Idul Fitri 1442 H pada Kamis (13/5), setelah pada tahun lalu tidak mengadakan Shalat Idul Fitri.

Ketua Dewan Pengurus MASK Dr  Setyanto P Santosa mengatakan, pelaksanaan Shalat Idul Fitri ini tetap menggunakan protokol kesehatan. “Sama seperti pelaksanaan Sholat Jumat yang telah dilakukan selama ini pada setiap minggunya,” kata Setyanto dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (12/5). 

Ia menambahkan, sebelum memasuki area masjid, jamaah akan terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya dan diwajibkan mengenakan masker selama di area MASK, mencuci tangan dengan sabun, serta menyiapkan hand sanitizer dan dianjurkan untuk berwudhu dari rumah. “Jamaah juga diminta untuk selalu menjaga jarak, tidak bersalaman atau berpelukan, dan menempati posisi shalat pada tempat yang telah diberikan tanda lakban oleh panitia serta membawa alat shalat masing-masing,” paparnya. 

Untuk melaksanakan Sholat Id ini, MASK juga mengerahkan RISKA (Remaja Islam Sunda Kelapa)  dan anak-anak asuh Sunda Kelapa (PASKA) yang sudah remaja. “Mereka akan bertugas di setiap titik yang telah ditentukan untuk mengingatkan dan membagikan masker apabila ada jamaah yang lupa atau tidak memakai masker,” ujarnya. 

Pengurus MASK memperkirakan jamaah Shalat Id akan memadati hingga ke area luar masjid dan jalanan sekitar MASK. “Untuk itu, panitia  tetap akan memberikan tanda jaga jarak hingga ke jalan tempat pelaksanaan Shalat Id,” ujar Setyanto. 

Pada pelaksanaan Shalat Id kali ini, yang akan menjadi khatib Idul Fitri adalah mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang kini menjabat sebagai anggota DPD DKI Jakarta, Prof Jimly Asshiddiqie. Ia akan membawakan tema "Menjemput Kemenangan di Tengah Krisis". Sedangkan, yang akan menjadi imam shalat Id adalah Syekh Essam Al-Mizgagi.

MASK pada kesempatan ini juga mengajak kepada para jamaah dan muzaki yang ingin membayar zakat fitrah, zakat mal, infak,  dan sedekah dapat menyalurkannya hingga hari ini, Rabu (12/5), sampai dengan pukul 18.00 WIB. Untuk zakat fitrah di MASK, pada tahun ini panitia telah menentukan sebesar Rp  50 ribu setiap jiwa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA