Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

'Rentang Kisah' Hadir dalam Versi Extended

Rabu 12 May 2021 09:14 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Tangkapan layar acara galapremier film Rentang Kisah (Extended/, Selasa (11/5).

Tangkapan layar acara galapremier film Rentang Kisah (Extended/, Selasa (11/5).

Foto: Klik Film
'Rentang Kisah (Extended)' mengulas lebih dalam hubungan sosial Gita Savitri Devi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 2020 silam, film drama religi Rentang Kisah telah tayang untuk publik. Kisahnya diangkat dari pengalaman nyata Gita Savitri Devi, pelajar Indonesia di Jerman, mengenai Islam dan relasi keluarga.

Sinema drama biografi itu kini kembali hadir dalam wujud extended version. Sutradara Danial Rifki mengungkapkan perbedaan antara versi orisinal dan terkini dari sinema produksi Falcon Pictures tersebut.

"Di versi extended ini, saya diberi keleluasaan oleh produser untuk proses editing. Kalau versi sebelumnya lebih menceritakan tentang keluarga Gita, di versi ini ditambah lebih banyak hubungan sosial Gita," kata Danial, Selasa (11/5).

Danial menambahkan pula sejumlah adegan favoritnya yang tidak ada di versi sebelumnya. Pada versi orisinal, scene-scene itu terbuang tetapi justru menjadi adegan pilihan menurut sang sineas.

Aktris Beby Tshabina memerankan sosok Gita Savitri di film Rentang Kisah. Salah satu kesulitan yang dia hadapi selama berakting di sinema tersebut adalah karena harus bicara menggunakan bahasa Jerman.

"Saya belajar bahasa Jerman hanya satu minggu, tapi selalu ngobrol dengan guru bahasa Jerman. Pas syuting, Bapak Danial Rifky selalu meminta tambahan dialog bahasa Jerman. Jadi di lokasi baru belajar," tuturnya.

Rentang Kisah turut dibintangi Bio One, Cut Mini, Donny Damara, Debo, Junior Robert, Ali Segaf, Rigen Rakel, Carmela Van Der Kruk, dan Putera Wicak. Aktris Cut Mini berperan sebagai tokoh ibu dari Gita Savitri.

Dia mengaku tidak pernah merasa kesulitan membangun chemistry. "Kalau chemistry sudah dibangun saat reading. Jadi, saat syuting semua sudah terbangun. Malah saya tidak bertemu dengan Mas Donny (sebelumnya), yang menjadi suami saya di film ini," ujarnya.

Film Rentang Kisah (Extended) tayang di platform streaming Klik Film mulai 12 Mei 2021. Pengalaman Gita Savitri di Jerman sebelumnya lebih dulu dituangkan dalam novel rilisan 2017 berjudul sama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA