Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Skateboard Indonesia Targetkan Medali Emas Olimpiade Tokyo

Rabu 12 May 2021 08:27 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Ketua Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Klemen Tinal (kiri).

Ketua Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Klemen Tinal (kiri).

Foto: ANTARA/Gusti Tanati
Ada tiga atlet skateboard yang berpotensi meraih medali olimpiade.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Klemen Tinal mengungkapkan, pihaknya menargetkan medali emas untuk cabang olahraga skateboard pada Olimpiade Tokyo 2021, pertengahan tahun ini. Pernyataan itu disampaikan Klemen usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (11/5).

"Kami di Perserosi itu ada skateboard dan sepatu roda. Tapi sepatu roda tidak masuk dalam olimpiade. Tapi skateboard masuk dan kami targetkan emas karena di Asian Games kemarin mendapatkan perak," kata Klemen Tinal. "Anak-anak yang berpotensi ada tiga. Mereka hari ini sudah ada di Amerika Serikat dan sedang melakukan latihan sampai Olimpiade Tokyo berjalan."

Menurut Klemen, para atlet tersebut akan langsung menuju Tokyo saat olimpiade dimulai 23 Juli nanti untuk melakukan pertandingan. "Olimpiade ini tertinggi sesudah SEA Games, Asian Games, tingkat tingginya ini olimpiade. Kami bisa menyumbangkan emas buat Indonesia," ucapnya.

Kedatangan Klemen di Kemenpora sekaligus untuk melaporkan terkait persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua, 2-15 Oktober 2021 nanti. Pada kesempatan ini, Klemen memastikan bahwa persiapan sudah hampir 100 persen terutama terkait pembangunan venue dan tempat penginapan atlet dan ofisial.

"Semua berjalan sesuai dengan schedule (jadwal). Jadi ada yang sudah mencapai 100 persen, ada yang 50 persen. Tapi kami harap tiga bulan sebelum PON terjadi sudah sampai ke 100 persen. Tapi dari venue-venue yang ada sudah 90 persen selesai tinggal 10 persen saja," kata Klemen.

Selain itu, Klemen memastikan tempat pelaksanaan PON di 4 kluster, yakni Jayapura, Merauke, Timika, dan kabupaten Jayapura aman dan jauh dari daerah konflik seperti yang diberitakan media selama ini.

"Tempat-tempat yang akan berlangsung PON sampai saat ini sangat aman dan bisa dikunjungi. Baik oleh atlet maupun siapa yang mau datang mendukung silakan. Papua itu Indonesia, jadi kami welcome, kami sambut dengan baik silakan datang. Kami memeriahkan, mensukseskan PON di provinsi Papua," ujar Klemen berharap.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA