Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Wiku: Zona Oranye Didominasi Daerah Tujuan Mudik

Rabu 12 May 2021 06:12 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri    / Red: Ratna Puspita

 Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

Foto: Satgas Covid-19.
Wiku meminta kepala daerah berupaya meminimalisir kerumunan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan peta zonasi per 9 Mei 2021. Dari catatan Satgas, sebanyak 12 kabupaten/kota masuk dalam daerah zona merah dan 324 kabupaten kota berada di zona oranye.

Namun, daerah zona oranye tersebut didominasi oleh kabupaten kota yang berasal dari provinsi tujuan mudik seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan juga Sumatera Barat. “Ini harus menjadi perhatian kita bersama mengingat di provinsi-provinsi ini penularan lebih mungkin terjadi dengan cepat,” kata Wiku saat konferensi pers.

Baca Juga

Wiku pun meminta seluruh bupati dan wali kota di provinsi dengan zona merah dan oranye agar segera menindaklanjuti imbauan untuk meminimalisir kerumunan masyarakat. Daerah dapat membentuk peraturan daerah ataupun peraturan kepala daerah agar bisa menjadi landasan kuat penegakan kebijakan di masing-masing wilayah.

“Semoga dengan dilaksanakannya keputusan ini bersamaan dengan dilaksanakannya peniadaan mudik, maka penularan akan semakin terkendali dan angka kasus Covid-19 tidak kembali naik,” tambah dia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA