Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

6 Superfood yang Wajib Dikonsumsi

Kamis 13 May 2021 15:55 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Superfood adalah kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan mendukung kesehatan.

Superfood adalah kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan mendukung kesehatan.

Foto: PxHere
Superfood adalah kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan mendukung kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Superfood adalah kelompok makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa mendukung kesehatan tubuh. Jenis makanan yang termasuk dalam kategori ini biasanya buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan dan beberapa produk susu.

Namun ternyata, istilah superfood tidak berasal dari penelitian medis. Ahli Gizi Hannah Magee mengatakan bahwa istilah superfood pertama kali digunakan pada awal 1900-an sebagai strategi pemasaran yang digerakkan oleh United Fruit Company.

Baca Juga

"Penting bagi orang untuk mengingat bahwa ini adalah istilah pemasaran, bukan definisi nutrisi," kata Magee.

Meskipun superfood mungkin hanya istilah pemasaran, beberapa jenis makanan terbukti memiliki kandungan nutrisi yang lebih unggul dari yang lain. Berikut enam contoh makanan super sehat yang bisa Anda konsumsi, seperti dilansir dari Insider, Rabu (12/5).

 

1. Buncis

Buncis adalah sejenis kacang-kacangan yang cukup populer di Indonesia. Satu setengah cangkir buncis mengandung 7 gram protein, 11 gram serat, 2,6 miligram zat besi dan 48 miligram magnesium.

Sebuah studi juga menemukan bahwa konsumsi buncis dapat membantu mengelola berat badan, juga mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit kardiovaskular.

 

2. Blueberry

Blueberry adalah buah-buahan tinggi serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan usus. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi satu cup blueberry per hari dapat memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Satu cup blueberry mengandung 4 gram serat, 79,8 miligram kalium dan 3,6 miligram vitamin C.

 

3. Bayam

Bayam adalah hijau berdaun gelap yang kaya akan banyak nutrisi penting. Bayam menjadi salah satu sayuran yang juga populer di Indonesia, jadi tidak sulit bagi Anda untuk mengonsumsinya.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa di antara orang dewasa yang lebih tua, mereka yang makan satu porsi sayuran hijau setiap hari selama 10 tahun memiliki penurunan kognitif yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan sayuran hijau sebanyak itu. Itu artinya, bayam dapat meningkatkan daya ingat Anda.

 

4. Kale

Kale adalah jenis lain dari sayuran hijau yang sedikit lebih pahit dari bayam, tetapi tetap memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Satu cup kale mengandung 23,4 miligram vitamin C, 97,5 mikrogram vitamin K dan 15,5 mikrogram folat.

 

5. Tuna putih

Tuna putih kalengan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi yang penting untuk kesehatan jantung karena menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Satu kaleng tuna putih mengandung 40 gram protein, 400 miligram EPA dan 1.000 miligram DHA.

 

6. Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B-6. Seperempat cangkir kenari mengandung 191,3 kalori, 2 gram serat dan 0,8 miligram zat besi. Meskipun kenari juga cenderung tinggi lemak, penelitian telah menemukan orang yang mengonsumsinya secara teratur cenderung memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah (alias jenis kolesterol jahat).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA