Selasa 11 May 2021 21:54 WIB

6 Manfaat Sehat Konsumsi Air Lemon

Air lemon juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Air lemon juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.
Foto: Peakpx
Air lemon juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air perasan atau irisan lemon memang segar dinikmati di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Bukan hanya menyegarkan, air lemon juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari laman Eat This, Selasa (11/5), berikut beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang bisa didapat jika Anda mengonsumsi air lemon secara rutin.

Baca Juga

 

1. Mengurangi kembung

Air perasan lemon bisa menjadi obat bagi Anda yang sering mengeluh kembung. Sebuah studi pada 2011 mengungkap bahwa lemon dapat membantu mengatasi sembelit atau konstipasi dan perut kembung lantaran kandungan serat larut di dalamnya.

 

2. Meningkatkan imun

Rutin mengonsumsi air perasan lemon bisa membantu Anda melawan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ahli diet di Sovereign Laboratories menjelaskan, satu buah lemon menyediakan 20 miligram vitamin C yang bermanfaat untuk sistem kekebalan dan bertindak sebagai antioksidan.

 

3. Mengurangi risiko batu ginjal

Menurut penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal European Urology, diperkirakan 8,8 persen orang dewasa akan mengalami batu ginjal dalam hidupnya. Untungnya, minum air lemon dapat membantu Anda terhindar dari kondisi yang menyakitkan ini.

"Jika Anda memiliki jenis batu ginjal tertentu seperti batu ginjal oksalat, sitrat dalam air lemon akan membantu memecah batu dan membantu melarutkannya," kata Galvin.

 

4. Memperlancar pencernaan

Ahli diet Trista Best mengatakan bahwa minum air lemon di pagi hari bermanfaat sebagai pencahar. Usahakan, sajikan air lemon dalam keadaan hangat.

 

5. Menyehatkan kulit

Mendapatkan kulit glowing tidak berarti harus mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit. Sedikit air lemon mungkin cukup membantu.

Menurut tinjauan penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, vitamin C yang ditemukan dalam lemon juga dapat meningkatkan sintesis kolagen yang membantu kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih sehat dari waktu ke waktu.

 

6. Membantu menurunkan berat badan

Menambahkan air lemon ke dalam konsumsi harian, dapat mempermudah penurunan berat badan. Ahli diet Essentia Water, Jessica Bippen mengatakan, dengan meminum air lemon sebelum dan selama makan, ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan menjadi cara efektif untuk membantu mengurangi asupan kalori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement