Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

BoA Semangati Kakaknya yang Derita Kanker

Selasa 11 May 2021 21:54 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Penyanyi Korea, BoA

Penyanyi Korea, BoA

Foto: Wikimedia
Kakak BoA mengidap kanker peritoneal dan berkembang ke Stadium 4.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi BoA membagikan beberapa kata penyemangat untuk kakak laki-lakinya, sutradara Kwon Soon-wook. Beberapa waktu lalu, Kwon Soon-wook berbicara tentang diagnosis kankernya di Instagram.

Kwon Soon-wook menceritakan sejak tahun lalu, dia merasa tubuhnya tidak sehat, sehingga selalu mengambil jeda untuk istirahat. Kemudian, dia menyadari bahwa dirinya berada dalam kondisi serius, bahkan pendapat ahli medis menyebutkan bahwa dia tak memiliki banyak waktu.

“Saya memiliki kanker peritoneal dan berkembang ke Stadium 4,” tulis Kwon Soon-wook dilansir Soompi, Selasa (11/5).

Kwon Soon-wook mengatakan menderita peritonitis. Pada akhir Desember tahun lalu, stent di tubuhnya menembus usus hingga menyebabkan perforasi usus. Seiring dengan rasa sakit yang tak tertahankan, dia harus menjalani operasi darurat.

Kwon Soon-wook mengatakan kondisi prognosisnya tidak baik. Bahkan, pihak rumah sakit memperkirakan harapan hidupnya pada dua atau tiga bulan.

“Saya tidak percaya bagaimana hal seperti ini bisa terjadi pada saya, bagaimana sesuatu yang tampak dari mimpi buruk bisa menjadi nyata, tetapi saya menghadapi kenyataan setiap kali saya bangun,” ujar dia.

Saat ini, Kwon Soon-wook mengatakan tidak bisa makan selama dua bulan, karena gangguan usus. Berat badannya turun menjadi 36 kilogram. Dia mengatakan tubuhnya tidak dapat menerima, bahkan setetes air. Dia harus hidup dengan cairan infus, jadi sangat sulit baginya untuk bergerak.

Meskipun mendapat semangat dari ibunya, tetapi Kwon Soon-wook tidak memiliki kepercayaan diri, setelah dokter dan rumah sakit “melepaskan” dari sudut pandang medis. Pun dia menyaksikan bagaimana tubuhnya kehilangan lebih banyak fungsinya dari hari ke hari.

Namun, Kwon Soon-wook akan tetap melanjutkan perawatan sampai akhir. Dia bertekad melakukan yang terbaik untuk tidak kehilangan harapan.

“Ini pertama kalinya aku menangis karena tidak bisa makan sesendok nasi,” kata dia.

Di postingan tersebut, BoA berkomentar menyemangati kakaknya. “Saya mencintaimu, oppa (kakak)! Kita bisa memenangkan ini bersama! Saya pasti akan membuatkanmu ramyun suatu hari nanti. Kita harus makan bersama. Saya yakin kamu adalah orang yang sangat kuat. Orang terkeren dan terkuat yang saya kenal. Terima kasih telah menunjukkan kekuatan seperti itu setiap hari,” tulis BoA.

Kwon Soon-wook  menyutradarai drama web Bong Soon - A Cyborg in Love dan The Reward of Waiting For Love (terjemahan literal).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA