Rabu 12 May 2021 04:48 WIB

Peran Penting Masjid Al Rashid Bagi Islam dan Kanada

Masjid Al Rashid merupakan masjid pertama di Kanada.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Foto: muslimcanada.org
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.

REPUBLIKA.CO.ID, EDMONTON -- Al Rashid, sebuah masjid di Edmonton, merupakan masjid pertama di Kanada. Masjid ini dibangun atas inisiatif pimpinan komunitas Muslim dari Timur Tengah, Hilwie Hamdon.

didedikasikan pada tahun 1938 dan menjadi masjid pertama di Kanada. Itu didanai melalui inisiatif komunitas dari komunitas Arab, yang dipimpin oleh Hilwie Hamdon.

Baca Juga

Dilansir dari laman The Canadian Encyclopedia, Selasa (11/5), Masjid Al Rashid telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan komunitas Muslim di Alberta dan di seluruh negeri melalui banyak inisiatif penting.

photo
Masjid Al Rashid didirikan pada 1938, adalah masjid pertama sekaligus tertua di Kanada. Awalnya masjid terletak di 101 Street dan 108 Avenue, Edmonton, Alberta, namun ia dipindahkan beberapa blok pada 1964 dan menjadi objek pelestarian di Taman Fort Edmont - (ALRASHIDMOSQUE.CA)

Asal-usul Komunitas

Pada akhir 1800-an dan awal 1900-an, beberapa keluarga dari Lembah Beqaa, di tempat yang dulunya Suriah (sekarang Lebanon), bermigrasi ke Kanada. Pada tahun 1930-an, beberapa lusin keluarga Arab Lebanon berhasil didirikan di lingkungan bisnis dan sosial Edmonton.

Kelompok ini menjadi inti di mana komunitas masjid berkembang, melahirkan banyak masjid lain saat Muslim bermigrasi ke Alberta. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement