Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

5 Cara Hentikan SMS Spam dari Ponsel

Rabu 12 May 2021 05:42 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

Ponsel Pintar (ilustrasi)

Ponsel Pintar (ilustrasi)

Foto: VOA/Reuters
SMS spam bisa mengacaukan kotak masuk SMS Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesan teks yang tidak diinginkan bisa sangat menjengkelkan. SMS spam bisa mengacaukan kotak masuk SMS Anda.

Beberapa pesan spam juga berisi tautan ke malware yang berpotensi berbahaya.
Jadi, ada baiknya untuk mencoba menghentikan atau setidaknya meminimalkan teks spam jika memungkinkan.  

Berikut lima langkah yang dapat Anda lakukan untuk memfilter atau memblokir teks spam, dilansir di Business Insider, Selasa (11/5):

Jangan menanggapi SMS yang tidak diinginkan
Anda mungkin terbiasa dengan membalas "STOP" pada SMS yang tidak diinginkan. Banyak pengirim spam menawarkan opsi untuk merespons dengan STOP, tetapi jangan lakukan itu.

Pelaku SMS spam menggunakan balasan Anda atau balasan apa pun, termasuk STOP, sebagai sinyal bahwa Anda telah menerima pesan Anda dan secara aktif terlibat dalam pesan Anda. Ini dapat membuat mereka lebih berani untuk mengirimi Anda lebih banyak pesan. Informasi Anda juga dapat dijual ke pelaku spam lain yang mencari nomor telepon terverifikasi aktif.

Laporkan pengirim SMS spam ke provider Anda
Salah satu cara untuk melawan SMS spam adalah dengan melaporkan teks yang tidak diinginkan langsung ke penyedia layanan telepon Anda.  

Anda akan menerima balasan, yang mungkin menyertakan permintaan untuk mengirim nomor telepon asal spam tersebut. Ini mungkin tidak akan memberikan hasil instan untuk Anda, tetapi akan berkontribusi untuk membersihkan ekosistem SMS untuk semua orang.

Filter calon pelaku spam
Sebagian besar telepon memiliki pengaturan untuk secara otomatis memfilter SMS spam potensial sehingga tidak muncul dalam daftar yang sama dengan SMS penting dan sah dari kontak yang dikenal.

Di iPhone, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk "Pesan". Gulir ke bawah dan aktifkan "Filter Pengirim Tidak Dikenal" dengan menggesek tombol ke kanan.

Di Android, buka aplikasi Perpesanan dan ketuk tiga titik di kanan atas. Di menu drop-down, pilih "Setelan", lalu tap "Perlindungan Spam". Terakhir, aktifkan "Aktifkan perlindungan spam" dengan menggesek tombol ke kanan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA