Rabu 12 May 2021 05:42 WIB

5 Cara Hentikan SMS Spam dari Ponsel

SMS spam bisa mengacaukan kotak masuk SMS Anda.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel Pintar (ilustrasi)
Foto: VOA/Reuters
Ponsel Pintar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesan teks yang tidak diinginkan bisa sangat menjengkelkan. SMS spam bisa mengacaukan kotak masuk SMS Anda.

Beberapa pesan spam juga berisi tautan ke malware yang berpotensi berbahaya.

Jadi, ada baiknya untuk mencoba menghentikan atau setidaknya meminimalkan teks spam jika memungkinkan.  

Berikut lima langkah yang dapat Anda lakukan untuk memfilter atau memblokir teks spam, dilansir di Business Insider, Selasa (11/5):

Jangan menanggapi SMS yang tidak diinginkan

Anda mungkin terbiasa dengan membalas "STOP" pada SMS yang tidak diinginkan. Banyak pengirim spam menawarkan opsi untuk merespons dengan STOP, tetapi jangan lakukan itu.

Pelaku SMS spam menggunakan balasan Anda atau balasan apa pun, termasuk STOP, sebagai sinyal bahwa Anda telah menerima pesan Anda dan secara aktif terlibat dalam pesan Anda. Ini dapat membuat mereka lebih berani untuk mengirimi Anda lebih banyak pesan. Informasi Anda juga dapat dijual ke pelaku spam lain yang mencari nomor telepon terverifikasi aktif.

Laporkan pengirim SMS spam ke provider Anda

Salah satu cara untuk melawan SMS spam adalah dengan melaporkan teks yang tidak diinginkan langsung ke penyedia layanan telepon Anda.  

Anda akan menerima balasan, yang mungkin menyertakan permintaan untuk mengirim nomor telepon asal spam tersebut. Ini mungkin tidak akan memberikan hasil instan untuk Anda, tetapi akan berkontribusi untuk membersihkan ekosistem SMS untuk semua orang.

Filter calon pelaku spam

Sebagian besar telepon memiliki pengaturan untuk secara otomatis memfilter SMS spam potensial sehingga tidak muncul dalam daftar yang sama dengan SMS penting dan sah dari kontak yang dikenal.

Di iPhone, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk "Pesan". Gulir ke bawah dan aktifkan "Filter Pengirim Tidak Dikenal" dengan menggesek tombol ke kanan.

Di Android, buka aplikasi Perpesanan dan ketuk tiga titik di kanan atas. Di menu drop-down, pilih "Setelan", lalu tap "Perlindungan Spam". Terakhir, aktifkan "Aktifkan perlindungan spam" dengan menggesek tombol ke kanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement