Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Kisah Muslim Menjadi Kepala Desa di Wilayah Mayoritas Hindu

Selasa 11 May 2021 18:36 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Kisah Muslim Menjadi Kepala Desa di Wilayah Mayoritas Hindu. Sebuah desa yang didominasi umat Hindu di Ayodhya telah memilih seorang Muslim sebagai gram pradhan atau kepala desa yang baru. Warga desa Rajanpur blok Mavai di daerah pemilihan majelis Rudauli memilih Hafiz Azimuddin Khan sebagai kepala desa mereka.

Foto:
Azimuddin menawarkan persatuan dan perdamaian Hindu-Muslim.

Seorang penduduk asli desa Rajanpur, Radhay Shyam (53) mengaku senang dengan kemenangan Azimuddin. Menurutnya, sejak Azimuddin mencalonkan diri banyak penduduk desa mayoritas Hindu yang langsung memilihnya.

“Kemenangan Azimuddin adalah sinyal persatuan Hindu-Muslim di desa ini dan seluruh Ayodhya. Pada hari Azimuddin mengajukan pencalonannya, kebanyakan dari kami memutuskan memilihnya,” kata Shyam.

Sampat Lal (61), menegaskan kemenangan Azimuddin juga akan memastikan tidak ada permusuhan antarkasta di desa tersebut. "Karena kandidat Hindu juga mencari suara berdasarkan kasta mereka, kemenangan kandidat lain selain Azimuddin mungkin akan menimbulkan kepahitan di antara berbagai kasta dalam komunitas Hindu,” kata Sampat Lal.

Pemerintah negara bagian memutuskan menunda upacara pengambilan sumpah anggota gram pradhans dan zila panchayat akibat pandemi Covid-19. Pemerintah juga menunda pemilihan ketua zila panchayat dan blok pramukhs.

Anggota zila panchayat yang baru terpilih memilih ketua zila panchayat di 75 distrik di negara bagian itu. Sekarang, pemilihan ini diharapkan berlangsung setelah 15 Juni.

https://www.hindustantimes.com/cities/lucknow-news/dominated-by-hindus-ayodhya-village-elects-muslim-man-as-gram-pradhan-101620655999395.html

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA