Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Tips Menyimpan Mobil Saat Libur Lebaran

Selasa 11 May 2021 20:31 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga melintas di dekat mobil yang terparkir di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (20/2).

Warga melintas di dekat mobil yang terparkir di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (20/2).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sebaiknya mobil dilindungi dengan car cover.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah dua kali lebaran masyarakat tak mengisi libur lebaran dengan mudik. Oleh karena itu, sebagian masyarakat pun tak menggunakan mobilnya untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Dalam momen ini, Auto2000 memberikan tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang tidak menggunakan mobil saat lebaran. Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan, kali ini tips yang akan disampaikan adalah terkait cara menyimpan mobil yang aman selama libur lebaran.

"Saat mobil terparkir cukup lama, kami menyarankan agar masyarakat memilh lokasi parkir yang aman. Lokasi itu sebaiknya mampu melindungi mobil dari paparan sinar matahari dan air hujan," kata Nur Imansyah Tara dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Selasa (11/5).

Ia juga menyarankan, sebaiknya mobil dilindungi dengan car cover. Disarankan, car cover yang digunakan adalah car cover dengan bahan yang aman seperti polyester sehingga cat mobil dapat terlindungi dengan baik.

Selanjutnya, pengendara juga dianjurkan untuk menambah tekanan udara pada setiap ban. Menurutnya, pengendara sebaiknya menambah tekanan sekitar 5 psi untuk mobil yang terparkir cukup lama.

Hal itu perlu dilakukan karena kendaraan yang tidak bergerak biasanya lebih cepat mengalami penurunan tekanan udara pada ban.

"Sebaiknya pengendara tidak menggunakan rem parkir," ucapnya.

Menurut dia, penggunakan rem parkir yang terlalu lama berpotensi membuat rem mengunci. Oleh karena itu, pengendara dapat mengganti penggunaan rem parkir dengan wheel chock atau pengganjal ban mobil.

Selanjutnya, ia juga menyarankan agar pengendara mengisi tangki bahan bakar hingga penuh. Dengan begitu, maka tangki bahan bakar tidak memiliki sisa rongga udara yang dapat menimbulkan uap air dan karat pada bagian tangki.

Lewat sejumlah tips ini, maka pengendara dapat memastikan mobil tersimpan dengan aman selama tak digunakan. Mungkin, cara ini juga dapat digunakan bagi pengendara yang memiliki sejumlah mobil yang biasanya digunakan semua saat lebaran.

Tapi, karena kali ini masyarakat dilarang mudik, maka masyarakat yang memiliki sejumlah mobil hanya akan menggunakan satu mobil dan mobil lainya hanya akan terparkir di rumah.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA