Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Apakah Alquran Langsung Turun Sekaligus Saat Lailatul Qadar?

Selasa 11 May 2021 18:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran diturunkan secara periodek melalui perantara malaikat Jibril. Alquran (ilustrasi)

Alquran diturunkan secara periodek melalui perantara malaikat Jibril. Alquran (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Alquran diturunkan secara periodek melalui perantara malaikat Jibril

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat Al Qadr dalam Alquran menyampaikan tentang Lailatul Qadar. Di malam inilah Allah SWT menurunkan Alquran.

"إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِى حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)"

Baca Juga

Lailatul Qadar adalah malam istimewa pada kalender Hijriyah dalam bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan. Malam Qadar ada di salah satu dari 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Hal itu disebutkan dalam Alquran dan dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Ini sangat penting bagi umat Islam mengingat Alquran turun di Lailatul Qadar.

Lantas, pertanyaannya, saat Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW pada Lailatul Qadar, apakah berupa satu kalimat atau ayat pertamanya saja?

Syekh Al Mubarakfuri menyampaikan penjelasan melalui kitab Ar-Rahiq Al-Makhtum mengenai turunnya Alquran kepada Rasulullah SAW saat Lailatul Qadar.

Dia memaparkan, setelah melakukan berbagai kajian dan perenungan terhadap petunjuk dan bukti, maka dapat ditentukan bahwa hari turunnya wahyu Alquran jatuh pada hari Senin 21 Ramadhan di malam hari. Ini bertepatan dengan 10 Agustus 610 M.

Dr Abdel Mun'im Al Fanni juga menyebutkan, berdasarkan durasi turunnya wahyu melalui mimpi, yakni enam bulan, sampai Malaikat Jibril turun pada Ramadhan, dan Nabi Muhammad SAW ada di usia 40 tahun. Malaikat Jibril atau Israfil biasa memberinya satu kata atau suatu materi selama tiga tahun.

Lebih lanjut, Al Fanni melalui kitabnya, Ensiklopedia Ummul Mu'minin Aisyah, juga memberi penjelasan atas hadits Ibnu Abbas yang isinya menyebutkan bahwa Rasulullah SAW tinggal di Makkah selama 13 tahun, lalu mendapat perintah untuk hijrah. Apakah bertentangan dengan surat Al Baqarah ayat 184 atau Al Qadr ayat 1?

Dia menjelaskn makna bahwa Alquran turun pada Lailatul Qadar adalah, Alquran diturnkan ke langit dunia, kemudian diturunkan secara periodik kepada Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW: 

أنزلت التوارة لست مضين من شهر رمضان، والإنجيل لثلاث عشرة خلت منه، والزبور لثمان عشرة خلت منه، والقرآن لأربع وعشرين خلت من شهر رمضان"، أى كان نزوله إلى السماء الدنيا فى الرابع والعشرين فى ليلة القدر.

"Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan. Injil pada 13 hari Ramadhan, Zabur pada 18 Ramadhan. Dan Alquran, diturunkan pada 24 Ramadhan." Yaitu maksudnya, turunnya Alquran ke langit dunia pada 24 Ramadhan, Lailatul Qadar. 

Sumber: youm7

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA