Masjid-Masjid di Kolkata Gelar Sholat Ied Dua Gelombang

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 11 May 2021 13:15 WIB

Masjid di Kolkata (ilustrasi) Foto:

Para ulama mengimbau Muslim India untuk sholat Id di rumah saja

“Kami akan mengikuti pedoman yang diberikan oleh pemerintah dan jamaah dalam jumlah besar tidak akan diizinkan. Jadwal sholat akan diumumkan sekitar satu hari lagi, ”kata perwakilan Masjid Tipu Sultan di Esplanade.

Ini sejalan dengan imbauan Menteri Utama Mamata Banerjee dalam pertemuan dengan pemuka agama di Nabanna beberapa hari lalu. Ia meminta umat Muslim menghindari pertemuan besar saat Idul Fitri. Banerjee juga meminta para imam mengimbau masyarakat untuk sholat dalam pertemuan-pertemuan kecil agar jarak sosial tetap terjaga

“Saya ingin semua orang merayakan Idul Fitri, tapi tolong jangan jatuh sakit. Hindari pertemuan besar dan cobalah untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin. Keputusan untuk tidak mengadakan doa di Jalan Merah patut dipuji. Bahkan tahun lalu, sholat tidak dilakukan di sana karena pandemi. Tahun lalu, Anda mengimbau orang-orang untuk berdoa di rumah. Tahun ini juga, saya akan mendorong Anda untuk mengajukan hal serupa karena kasusnya meningkat dan kita harus berhati-hati, ” katanya.

Imam sholat Ied, Qari Fazlur Rahman mengimbau masyarakat untuk mengikuti semua pedoman keselamatan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Sebagaimana tahun lalu, ia meminta agar sedapat mungkin masyarakat melaksanakan sholat Id di rumah.

Ketua Asosiasi Imam Benggala, Mohammad Yahya juga meminta agar masyarakat sholat di rumah. Bila ada yang datang ke masjid, ia meminta dipastikan jamaah dalam jumlah kecil dan menerapkan jaga jarak. Andrian Saputra

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X