Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Pemkot Depok Siagakan Ratusan Petugas Kebersihan

Selasa 11 May 2021 11:52 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan

Pemulung mengumpulkan sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat

Pemulung mengumpulkan sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat

Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Seluruh UPS diminta olah sampah yang dihasilkan untuk kurangi sampah ke TPA Cipayung.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mengantisipasi penumpukan sampah selama libur lebaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menyiagakan ratusan petugas kebersihan atau pesapon dan  sejumlah armada truk sampah.

"Para petugas ini akan bertugas secara bergantian. Kami menyiagakan sedikitnya 240 pesapon dan 25 armada truk saat libur lebaran. Untuk hari H dan H+1 petugas kami tetap ada yang piket secara bergantian," ujar Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar.

Menurut Iyay, biasanya terjadi peningkatan sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, saat hari lebaran. Namun, imbuhnya, pengangkutan sampah saat hari H, hanya dilakukan di jalan protokol.

"Melihat tahun-tahun sebelumnya, memang terjadi peningkatan sampah di hari lebaran. Namun sepertinya dua tahun ini tidak begitu pengaruh karena masih pandemi. Pengangkutan sampah hari H hanya dilakukan di jalan protokol," terangya.

Ia menambahkan, pihaknya telah mengantisipasi dengan mengimbau seluruh Unit Pengolah Sampah (UPS) untuk melakukan pengolahan sampah yang dihasilkan saat lebaran. Dengan begitu, volume sampah yang diangkut ke TPA Cipayung bisa berkurang.

"Ini perlu, untuk menekan produksi sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Masyarakat juga diimbau agar tidak konsumtif, baik jelang maupun saat lebaran," pungkas Iyay.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA