Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

BPH Migas Naikkan Kuota Solar untuk Nelayan di Aceh Selatan

Selasa 11 May 2021 08:47 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kunjungan Lapangan Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa bersama team, didampingi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Dzumairi, S. Pi., M.T. , juga SBM Pertamina Rayon 2 Aceh, Salman Al Farisy ke SPBUN 18237010 PT. BAN LAKU LINGGANG Komplek TPI Keude Meukek, Aceh Selatan (9/5).

Foto:
Pemilik usaha nelayan di Aceh Selatan berterimakasih dinaikkan kuota hingga 72 L

 Dzumairi menambahkan bahwa saat ini kapasitas Cold Storage mencapai  100 ton namun dengan kendala listrik yang belum optimal, mau tak mau harus secepatnya disuplai ke daerah lain seperti Medan.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, menyikapi beberapa hal yang disampaikan, menjelaskan bahwa BPH Migas selain membawakan SK kuota yang meningkat, Aceh Selatan th 2021 menjadi 14.226 KL, khusus SPBUN 18237010 dari 850 KL menjadi 2.324 KL, meningkat 270 persen untuk nelayan. Kepala BPH Migas juga menyampaikan beberapa hal sebagai masukan.

photo
Kunjungan Lapangan Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa bersama team, didampingi Bupati Aceh Selatan Tgk Amran bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Dzumairi, S. Pi., M.T. , juga SBM Pertamina Rayon 2 Aceh, Salman Al Farisy ke SPBUN 18237010 PT. BAN LAKU LINGGANG Komplek TPI Keude Meukek, Aceh Selatan (9/5). - (BPH Migas)
"Aceh Selatan perlu mendirikan pabrik, misalnya sarden sehingga produksi ikan sebagian bisa dikelola, menyerap ribuan tenaga kerja, selain itu penting untuk ditumbuhkan kuliner seafood seperti banyak dilakukan di daerah lain," ujar Fanshurullah Asa Kepala BPH Migas.

Terkait Cold Storage, lanjut Ifan, bisa disiasati dengan konversi energi  dari listrik ke energi gas dengan menggunakan isotank LNG. Buat saja dual, sehingga sewaktu solar murah masih bisa gunakan itu. Namun, menggunakan energi gas, penghematan bisa mencapai 20 persen.

 

"Besok rencana pertemuan dengan Gubernur Aceh dan BPMA, kalau bisa, sekalian saja pak Bupati Aceh Selatan ikut hadir disana, untuk sekalian membicarakan itu," ujar Ifan sapaan akrab Kepala BPH Migas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA