Kiat Lebaran yang Aman di Masa Pandemi

Red: Agung Sasongko

 Selasa 11 May 2021 06:35 WIB

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (10/5). Menjelang H-3 lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Pusat perbelanjaan mulai dipadati pengunjung yang hendak berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Pengunjung diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di area pusat perbelanjaan. Republika/Thoudy Badai Foto: Republika/Thoudy Badai Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (10/5). Menjelang H-3 lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Pusat perbelanjaan mulai dipadati pengunjung yang hendak berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Pengunjung diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di area pusat perbelanjaan. Republika/Thoudy Badai

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan berlebaran secara aman selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena COVID-19 selama masa libur Lebaran 1442 H. Hal itu diungkap Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Tjandra Yoga Aditama.

Pertama, terapkan protokol kesehatan yang mencakup mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan rutin, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi."Kesadaran kita semua bahwa 3M dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilisasi adalah demi perlindungan kita sendiri," kata dia dalam pesan elektroniknya, Selasa (11/5).

Baca Juga

Tjandra mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, apabila Anda terpaksa berada dalam kerumunan, tetaplah berusaha menjaga jarak dan mempersingkat waktu berada di lokasi itu.Terkait lokasi liburan, sebaiknya pilih yang berada di udara terbuka ketimbang dalam ruangan.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran WHO yang menyatakan ruang udara terbuka lebih aman daripada ruang tertutup.Di sisi lain, tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan perlu melakukan simulasi demi mengantisipasi kasus penularan COVID-19, melakukan surveilans atau pengamatan yang sistematis dan terus menerus terhadap data dan informasi tentang kasus COVID-19 yang ketat dan menyeluruh.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X