Muslimah tak Berhijab, Sahkah Puasanya?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 11 May 2021 05:49 WIB

Muslimah tak Berhijab, Sahkah Puasanya? Ilustrasi Muslimah Foto: Pixabay Muslimah tak Berhijab, Sahkah Puasanya? Ilustrasi Muslimah

Sholat dan puasa adalah dua rukun dasar Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah diskusi daring, seorang Muslimah bertanya tentang ibadah puasa yang ia jalani. Dia mengisahkan, temannya mengatakan puasa yang ia jalankan tidak diterima lantaran tidak memakai hijab. Muslimah ini memang mengaku menjalani puasa, namun tidak mengenakan hijab ketika keluar rumah.

Dilansir dari About Islam, mantan ketua Komite Fatwa Al-Azhar Syekh 'Atiyyah Saqr menjelaskan dalam fatwanya, wanita yang tidak berhijab dan melaksanakan sholat dan puasa di bulan Ramadhan, ibadahnya diharapkan tetap diterima. Namun, akan tetap mendapatkan konsekuensi dari tidak memakai hijab karena itu adalah dosa.

Baca Juga

Menurutnya, sholat dan puasa adalah dua rukun dasar Islam. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW:

“Islam dibangun di atas lima pilar: bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang benar selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, melakukan sholat, membayar zakat, menunaikan ibadah haji ke rumah Suci (Haji), dan puasa di bulan Ramadhan."  (Al-Bukhari)

Sementara hijab afdalah syariat Islam lainnya yang juga merupakan kewajiban setiap muslimah untuk memakainya. Semua ahli hukum Muslim setuju akan hal ini dan Allah telah menjelaskannya dalam Surat An-Nur.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X