Kisah Sukses Atlet Muslim Dunia Saat Jalani Puasa Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 11 May 2021 05:59 WIB

Marco Verratti dari PSG, kiri, dan Demba Ba dari Basaksehir menantang bola selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions antara Paris Saint Germain dan Istanbul Basaksehir di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, Rabu, 9 Desember 2020. Foto: AP/Francois Mori Marco Verratti dari PSG, kiri, dan Demba Ba dari Basaksehir menantang bola selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions antara Paris Saint Germain dan Istanbul Basaksehir di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, Rabu, 9 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Ramadhan bisa menjadi waktu yang menantang bagi pesepakbola Muslim dan klubnya. Karena mereka harus menghormati agamanya dengan berpuasa namun tetap dalam kondisi prima. 

Salah satunya adalah striker Senegal Demba Ba yang telah bergabung dengan Newcastle United sejak Juli 2011. Namun pelatihnya, Alan Pardew mengkritik keputusannya untuk berpuasa selama bulan suci Ramadhan. 

“Sulit bagi striker. Puasa menghilangkan ketajaman mereka, ”kata Pardew dalam wawancara pascapertandingan. 

Sebagai seorang Muslim yang taat, Ba menjalankan kebiasaan tahunan untuk tidak makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam sepanjang bulan kesembilan dalam kalender Muslim tersebut. 

Puasa selama Ramadhan adalah wajib bagi semua Muslim yang berbadan sehat. Pengecualian khusus dibuat untuk anak-anak, orang tua, mereka yang secara fisik atau mental tidak mampu berpuasa, wanita hamil, ibu menyusui dan pelancong. 

Bagi mayoritas cendekiawan Muslim, atlet tidak secara otomatis memenuhi syarat untuk mendapatkan pengecualian. “Hukum seseorang untuk tidak berpuasa adalah sama untuk pesepakbola dan non-pesepakbola,” kata Abu Eesa Niamatullah, seorang sarjana hukum Islam yang tinggal di Manchester, Inggris. 

Pesepakbola harus meliburkan diri untuk berpuasa di hari pertama dan kemudian jika mereka tiba di saat aktivitas fisik membuat mereka sakit, atau mereka akan menderita dehidrasi klinis, mereka dapat membatalkan puasa tergantung pada seberapa berbahayanya. 

Praktik tersebut menimbulkan masalah besar dalam sepak bola papan atas, di mana klub menginvestasikan ratusan juta dolar untuk pemain. Setiap aspek dari rutinitas harian mereka diperiksa dan dikelola secara mikroskopis. 

Ba tidak setuju dengan penilaian pelatihnya bahwa penyebab dia bermain buruk adalah karena Ramadhan. 

"Saya hanya mengatakan itu karena saya bergabung dengan tim baru, setiap kali saya memiliki manajer yang tidak senang dengan itu, saya hanya mengatakan, 'Dengar, saya akan melakukannya. Jika penampilan saya masih bagus, maka saya tetap bermain. Jika mereka buruk, Anda dapat berikan saya bangku cadangan," kata dia dalam film dokumenter BBC 2013 The Muslim Premier League.

Pengalaman Ba adalah hal biasa..