Kemenag Sultra Pusatkan Pantauan 1 Syawal di Kolaka

Red: Nashih Nashrullah

Senin 10 May 2021 23:19 WIB

Hasil pantauan 1 Syawal Kemenag Sultra akan dilaporkan ke sidang itsbat pusat. Ilustrasi rukyat Foto: Antara/Saiful Bahri Hasil pantauan 1 Syawal Kemenag Sultra akan dilaporkan ke sidang itsbat pusat. Ilustrasi rukyat

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memusatkan pemantauan hilal 1 Syawal 1442 Hijriah di Pantai Watubangga, Kabupaten Kolaka, Sultra, Selasa (11/5).

"Besok itu kan rukyatul hilal 1 Syawal di Pantai Watubangga, Kolaka," kata Kepala Kemenag Sultra, Fesal Musaad, di Kendari, Senin (10/5) malam saat diwawancara via telepon selulernya.

Baca Juga

Dia menyampaikan, pemantauan hilal 1 Syawal 1442 Hijriyah di Pantai Watubangga, Kabupaten Kolaka turut melibatkan pihak-pihak terkait lainnya.

"Besok (Selasa, 11/5 red.) Kanwil Kemenag bersama BMKG melakukan rukyatul hilal di Pantai Watubangga, Kolaka diikuti dengan Pengadilan Tinggi Agama, akademisi dari IAIN Kendari, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, ada ormas NU, Muhamadiyah," ujar dia.

Menuru Fesal, hasil dari pemantauan 1 Syawal besok selanjutnya akan dilaporkan ke forum sidang isbat di Kementerian Agama."Nanti hasil pemantauan hilal akan dilaporkan atau di-followup lagi ke forum isbat di Jakarta. Nanti diumumkan secara resmi oleh Menteri Agama besok (Selasa, 11/5 red.) malam," tutur dia.

Dia juga menuturkan bahwa sidang isbat 1 Syawal 1442 Hijriyah akan diumumkan langsung oleh Menteri Agama pada Selasa 11 Mei 2021 sekitar pukul 19.00 WIB.