Senin 10 May 2021 23:03 WIB

Iran Konfirmasi Pembicaraan dengan Arab Saudi

Tujuan dialog itu adalah mengurangi ketegangan antara kedua negara.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Iran Konfirmasi Pembicaraan dengan Arab Saudi
Foto: republika
Iran Konfirmasi Pembicaraan dengan Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemerintah Iran mengonfirmasi kabar tentang adanya pembicaraan dengan Arab Saudi. Tujuan dialog itu adalah mengurangi ketegangan antara kedua negara.

“Tapi mari kita tunggu hasil pembicaraan (dengan Saudi) ini dan menilai berdasarkan hasil,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh dalam konferensi pers virtual pada Senin (10/5), dikutip laman Aljazirah.

Baca Juga

Khatibzadeh mengungkapkan negaranya selalu menyambut pembicaraan dengan rekan-rekan regionalnya, termasuk Saudi. Kebijakan, kata dia, itu tidak berubah.

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) telah mengatakan negaranya bercita-cita memiliki hubungan yang baik dengan Iran. Kendati demikian, Pangeran MBS tak memungkiri Saudi masih menentang program nuklir dan dukungan yang diberikan Teheran terhadap kelompok milisi di kawasan.

"Iran adalah negara tetangga dan kami ingin memiliki hubungan yang baik dan terhormat dengannya," kata Pangeran MBS dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Saudi pada 27 April lalu, dikutip laman Anadolu Agency.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement