Senin 10 May 2021 18:58 WIB

Saudi Siapkan 20 Juta Meter Persegi untuk Perumahan Baru

20 juta meter persegi lahan untuk pembangunan permukiman baru di utara Riyadh.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Kota Riyadh, ibukota Kerajaan Arab Saudi.
Foto: happytellus.com
Kota Riyadh, ibukota Kerajaan Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) telah mengarahkan pengalokasian 20 juta meter persegi lahan untuk pembangunan permukiman baru di utara Riyadh. Itu merupakan upaya meningkatkan sektor perumahan dan keluarga.

Alokasi tersebut bertujuan meningkatkan kawasan hunian di pinggiran daerah Al-Jawan, dari 10 juta meter persegi menjadi 30 juta meter persegi. Sebanyak 53 ribu unit rumah bakal dibangun melalui proyek, fasilitas, dan layanan terintegrasi bekerja sama dengan sektor swasta. Itu di atas 20 ribu unit rumah yang telah diumumkan.

“Tanah tambahan yang dialokasikan untuk sektor perumahan di utara Riyadh akan menyediakan lebih dari 53 ribu unit perumahan yang akan dikerjakan oleh pengembang real estat, dengan mempertimbangkan kualitas layanan yang memenuhi aspirasi warga,” kata Saudi Press Agency dalam laporannya, Senin (10/5).

Kepemilikan akan dialihkan ke Kementerian Kota, Pedesaan, dan Perumahan. Dukungan untuk sektor perumahan telah menyebabkan kepemilikan rumah di Saudi meningkat dari 47 persen menjadi 60 persen dalam empat tahun terakhir. Saudi berharap angka itu akan mencapai 70 persen di bawah program reformasi Visi 2030.

Menteri Urusan Kota dan Pedesaan dan Perumahan Majed Al-Hogail mengatakan sektor perumahan menyumbang lebih dari 30,6 juta dolar AS untuk produk domestik bruto (PDB). Selain itu, sektor tersebut menyediakan sekitar 40 ribu pekerjaan langsung dan tidak langsung. Sektor perumahan Riyadh telah menyaksikan pertumbuhan pesat selama dua tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement