Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Benarkah Iblis Konon Bagian dari Golongan Malaikat?

Senin 10 May 2021 18:19 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Iblis merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan dari api. Ilustrasi alam iblis

Iblis merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan dari api. Ilustrasi alam iblis

Foto: Pixabay
Iblis merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan dari api

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ada pepatah yang pernah menyebutkan bahwa jangan terlalu percaya kepada setiap orang, ingat iblis dulunya adalah seorang malaikat. 

Namun bagi Muslim, pepatah tersebut tidak dapat dibenarkan karena, setan diciptakan dari api dan merupakan golongan jin, sehingga bagaimana mungkin dia pernah menjadi malaikat yang berasal dari cahaya.  

Baca Juga

Sebagaimana keyakinan dalam Islam, setiap makhluk tidak dapat mengubah dirinya sendiri, dan tidak memiliki kerugian atau manfaat apa pun bagi dirinya sendiri. Sehingga hanya Allah yang Mahamenciptakan yang mampu melakukan hal tersebut. Setan bukanlah salah satu malaikat, sebagaiman firman Allah SWT, dalam surat Al Kahfi ayat 50

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Dia adalah dari (golongan) jin, maka dia mendurhakai perintah Tuhannya. Pantaskah kamu menjadikan dia dan keturunannya sebagai pemimpin selain Aku, padahal mereka adalah musuhmu? Sangat buruklah (Iblis itu) sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang zalim.” 

Ketika semua bersujud kepada Nabi Adam atas perintah Allah SWT hanya iblis yang menolak untuk bersujud. 

Ibnu Jarir meriwayatkan Rasulullah berkata, “Iblis sama sekali bukan salah satu malaikat. Karena malaikat adalah makhluk Allah yang tidak pernah membangkang berbeda dari Setan yang tidak taat ketika diperintag bersujud kepada Adam.” 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim ayat 6) 

Allah SWT pun kemudian menyebutkan bahwa setan menjadi makhluk yang paling sombong karena menolak perintah Allah.  .

Sunnah menunjukkan bahwa malaikat diciptakan Allah dari cahaya, seperti dalam hadits: Malaikat diciptakan dari cahaya, setan diciptakan dari  api, dan Adam diciptakan dari tanah. Selama iblis itu berasal dari jin, seperti dalam teks Alquran, dia diciptakan dari api, bukan dari cahaya. Maka dia bukan salah satu malaikat.

 

Sumber: islamweb 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA