Selasa 11 May 2021 02:36 WIB

FDA Tentang Penggunaan Obat Antiparasit untuk Obati Covid-19

Obat antiparasit ivermectin disebut-sebut bisa mengobati covid-19.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Obat Covid-19 palsu (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Obat Covid-19 palsu (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti mengungkapkan obat antiparasit ivermectin adalah profilaksis yang efektif untuk pengobatan dan pencegahan Covid-19. Ivermectin secara luas digunakan untuk melawan parasit seperti kutu dan kudis dan juga ascariasis (cacing usus).

Namun, Badan Obat Amerika (FDA) menentang penggunaan ivermectin untuk pencegahan covid-19. Hal ini lantaran banyak pasien yang sakit kembali dan berobat ke rumah sakit.

Baca Juga

FDA menentang penggunaan ivermecting dalam mengobati Covid-19. FDA telah menerima banyak laporan tentang pasien yang membutuhkan dukungan medis dan dirawat di rumah sakit setelah mengobati sendiri dengan ivermectin yang ditujukan untuk kuda.

Organisasi tersebut menambahkan bahwa mengonsumsi obat ini dalam dosis besar bersifat berbahaya."Bahkan tingkat ivermectin untuk penggunaan yang disetujui dapat berinteraksi dengan obat lain, seperti pengencer darah. Anda juga dapat overdosis pada ivermectin, yang dapat menyebabkan mual, muntah, diare, hipotensi (tekanan darah rendah), reaksi alergi (gatal dan gatal-gatal), pusing, ataksia (masalah keseimbangan), kejang, koma dan bahkan kematian," kata FDA.

FDA menambahkan mengonsumsi obat untuk penggunaan yang tidak disetujui bisa sangat berbahaya. Terutama jika mengambil dosis yang disetujui untuk hewan seperti kuda atau sapi yang bobotnya jauh lebih besar daripada manusia.

Pada tahap ini, sulit untuk menentukan siapa yang benar tentang obat tersebut.  Biasanya, penelitian peer-review akan cukup untuk memberikan obat beberapa kredibilitas, tetapi oposisi yang kuat dari FDA, dalam kasus ini, memberikan alasan yang serius untuk khawatir.  Lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk menerima ivermectin sebagai pengobatan Covid-19 yang layak.

Obat ini digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang kurang dikenal seperti cacing jantung. Selain itu, obat ini juga banyak digunakan dalam pengobatan hewan untuk tujuan yang sama, baik pada hewan peliharaan maupun ternak.  

"Penelitian terbaru kami menunjukkan, sekali lagi, tidak ada keraguan bahwa ivermectin sangat efektif sebagai profilaksis dan pengobatan yang aman untuk Covid-19," Anggota Pendiri FLCCC dan Kepala Kedokteran Paru dan Perawatan Kritis di Sekolah Kedokteran Virginia Timur,  Paul E. Marik dikutip dari nterestingengineering, Ahad (9/5).

Dia melanjutkan tidak dapat lagi mengandalkan banyak otoritas kesehatan yang lebih besar untuk melakukan pemeriksaan yang jujur ​​terhadap bukti medis dan ilmiah. Jadi, ia meminta otoritas kesehatan masyarakat regional dan profesional medis di seluruh dunia untuk menuntut agar ivermectin dimasukkan dalam standar mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement