Senin 10 May 2021 15:45 WIB

Telkom-Sabre Bersinergi Tingkatkan Digitalisasi Pariwisata

Digitalisasi diperlukan untuk mendukung program stimulus pemerintah maupun swasta

 Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur Teknik  Garuda Indonesia Rahmat Hanafi usai penandatanganan kerja sama untuk pemasaran bersama platform digital  pariwisata yaitu Wonderin.id dari Telkom dan TravelAja dari Sabre, anak usaha Garuda, di Jakarta, Jumat (7/5)
Foto: Telkom
Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi usai penandatanganan kerja sama untuk pemasaran bersama platform digital pariwisata yaitu Wonderin.id dari Telkom dan TravelAja dari Sabre, anak usaha Garuda, di Jakarta, Jumat (7/5)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan digitalisasi pariwisata Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sepakat menjalin kerja sama dengan PT Sabre Travel Network Indonesia, yang merupakan anak perusahaan PT Garuda Indonesia, untuk pemasaran bersama platform digital pariwisata yaitu Wonderin.id dan TravelAja. Bertempat di kantor Garuda Indonesia jalan Kebon Sirih (7/5), penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Executive Vice President Digital & Next Business Telkom, Saiful Hidajat dan Direktur Utama Sabre, Azhar Umar disaksikan Direktur Digital Business Telkom, M Fajrin Rasyid dan Direktur Teknik Garuda Indonesia, Rahmat Hanafi.

 

Baca Juga

Wonderin.id sebagai salah satu layanan digital milik Telkom yang fokus pada ekosistem pariwisata berpotensi melakukan digitalisasi pada 4.500 agen perjalanan yang selama ini sudah punya kerja sama dengan Sabre, melalui fitur Online Booking Tools (OBT). Sementara Sabre sendiri merupakan market leader Global Distribution System (GDS), khususnya distribusi tiket pesawat intenasional. Dengan adanya OBT, ke depannya agen perjalanan dapat melakukan reservasi inventori pariwisata tidak hanya untuk tiket maskapai domestik dan internasional, namun bisa juga layanan akomodasi, lokasi wisata, paket wisata, dan banyak lagi. Ini dimungkinkan karena Wonderin.id sudah menerapkan konsep XGDS, yaitu GDS masa depan dan mengakomodasi transaksi semua jenis inventori pariwisata.

 

OBT sangat dibutuhkan banyak pihak tidak hanya agen perjalanan di dalam negeri, namun ke depannya bisa dipasarkan ke agen perjalanan regional. Dengan sudah terdigitalisasi agen perjalanan akan mendukung jika ada program stimulus atau promo dari pihak pemerintah maupun swasta. Secara transparan akan mudah diidentifikasi siapa pembelinya, agen perjalanannya, dan juga jenis inventori yang dibeli apakah tiket transportasi, akomodasi, paket atau lokasi wisata, dan lainnya. Ke depannya untuk menggenjot pemasukan devisa dari wisata mancanegara, maka bisa saja diberikan insentif khusus, baik dalam potongan harga maupun layanan tambahan.

 

photo
Executive Vice President Digital & Next Business Telkom Saiful Hidajat (kiri) dan Direktur Utama Sabre Azhar Umar usai penandatanganan kerja sama untuk pemasaran bersama platform digital pariwisata yaitu Wonderin.id dari Telkom dan TravelAja dari Sabre, anak usaha Garuda, di Jakarta, Jumat (7/5). - (Telkom)

Selama masa pandemi Covid-19, bagi perusahaan dan instansi sangat perlu melakukan pengawasan dan pengendalian biaya perjalan dinas bagi karyawannya. TravelAja sebagai layanan Corporate Travel Management (CTM) memiliki fungsi pengajuan dan persetujuan perjalanan dinas dan pemesanan tiket transportasi, akomodasi, dan lainnya, di dalam satu aplikasi yang sama. Aplikasi ini akan bekerja sama dengan agen perjalanan yang ditunjuk perusahaan dan instansi, sehingga bisa dikatakan TravelAja menjadi solusi digital yang mendukung agen perjalanan yang selama ini sudah melayani pelanggan korporasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement