Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Kebutuhan Daging Sapi di Bangka Capai 13 Ton

Senin 10 May 2021 14:50 WIB

Red: Nidia Zuraya

Daging Sapi (Ilustrasi)

Daging Sapi (Ilustrasi)

Foto: NORTHSTARBISON
Selain daging sapi, masyarakat juga bisa mendapatkan daging beku kerbau dari Bulog.

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Pemerintah Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas terkait menyatakan kebutuhan konsumsi daging masyarakat di daerah itu untuk perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah diperkirakan mencapai 13 ton."Diperkirakan kebutuhan daging masyarakat untuk konsumsi Idul Fitri mencapai 13 ton atau setara dengan kurang lebih 26 ekor sapi," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Elius Gani di Sungailiat, Senin (10/5).

Dikatakan, kebutuhan daging sebanyak itu diyakini mampu terpenuhi karena ketersediaan sapi lokal juga akan didatangkan puluhan ekor sapi dari luar pulau Bangka."Saat ini yang tersedia baru 25 ekor, namun tidak lama lagi akan dipasok puluhan sapi potong untuk pemenuhan konsumsi daging masyarakat dalam perayaan lebaran," katanya.

Baca Juga

Selain daging sapi kata dia, masyarakat juga bisa mendapatkan daging beku kerbau yang dipasok dari Badan Urusan Logistik (Bulog). Menurutnya, sapi yang didatangkan dari luar pulau Bangka berada di Madura sedangkan untuk pasokan lokal atau lintas daerah berada dari Pangkalpinang maupun daerah lainnya.

Elius Gani mengatakan, terutama untuk sapi yang didatangkan dari luar pulau Bangka terlebih dahulu akan melalui uji pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan hewan baik di daerah asal maupun pemeriksaan kembali setelah sampai ketujuan."Pemeriksaan kesehatan hewan atau sapi menjadi syarat penting sebagai upaya menjamin kesehatan hewan tersebut sebelum dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA