Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Objek-Objek Langit Teraneh yang Pernah Ditemukan Astronom

Sabtu 15 May 2021 00:43 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Pemandangan aurora di sebuah planet Rogue.

Pemandangan aurora di sebuah planet Rogue.

Foto: NRAO/AUI/NSF/Caltech)
Setiap hari, para astronom menemukan kejutan baru ketika mengamati alam semesta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alam semesta menyembunyikan jutaan misteri. Berbagai fenomena aneh ini dapat ditemukan bersembunyi di seluruh kosmos. Setiap hari, para astronom menemukan kejutan baru.

Berikut ini adalah objek-objek aneh yang pernah ditemukan para astronom, dilansir dari LiveScience:

Baca Juga

photo
Sinyal misterius semburan radio cepat. - (NRAO )
 

Sinyal radio misterius

Sejak 2007, para peneliti telah menerima sinyal radio yang sangat terang dan sangat kuat yang hanya bertahan beberapa milidetik. Kilatan misterius ini disebut semburan radio cepat (FRB) dan tampaknya datang dari miliaran tahun cahaya jauhnya.

Para ilmuwan juga berhasil menangkap FRB yang berulang. FRB ini berkedip enam kali berturut-turut, sinyal kedua yang pernah terlihat dan yang dapat membantu mereka mengungkap misteri ini.

Aliran Inframerah dari Luar Angkasa

Bintang neutron adalah benda sangat padat yang terbentuk setelah kematian bintang biasa. Biasanya, bintang neutron memancarkan gelombang radio atau radiasi berenergi lebih tinggi seperti sinar-X. Namun, pada September 2018, para astronom menemukan aliran panjang cahaya inframerah yang berasal dari bintang neutron 800 tahun cahaya dari Bumi.

Ini adalah sesuatu yang belum pernah diamati sebelumnya. Para peneliti mengusulkan bahwa piringan debu yang mengelilingi bintang neutron dapat menghasilkan sinyal, tetapi penjelasan akhirnya belum ditemukan.

photo
Pemandangan aurora di sebuah planet Rogue. - (NRAO/AUI/NSF/Caltech))

Planet Rogue dengan Aurora

Planet Rogue melayang melalui galaksi, yang telah terlempar dari bintang induknya oleh gaya gravitasi. Satu objek paling aneh ini dikenal sebagai SIMP J01365663 + 0933473. Ini adalah benda seukuran planet yang berjarak 200 tahun cahaya yang medan magnetnya lebih dari 200 kali lebih kuat dari Jupiter. Medan magnetnya cukup kuat untuk menghasilkan aurora yang berkedip di atmosfernya, yang dapat dilihat dengan teleskop radio.

photo
Planet kerdil Haumea yang diliputi cincin di sekitarnya. - (IAA-CSIC/UHU via live science)
 
 
Haumea
Planet kerdil yang mengorbit di Sabuk Kuiper di luar Neptunus ini merupakan objek yang unik. Haumea memiliki bentuk memanjang yang aneh. Haumea memiliki dua bulan. Satu hari di sana hanya berlangsung selama 4 jam, menjadikannya benda besar yang berputar tercepat di tata surya.

Namun, pada tahun 2017, Haumea menjadi lebih aneh ketika para astronom menyaksikannya lewat di depan sebuah bintang dan memperhatikan cincin yang sangat tipis.Cincin tipis yang mengorbit di sekitarnya, kemungkinan hasil dari tabrakan di masa lalu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA