Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

21 Nama Lain Kiamat dan Mengapa Ada Hari Pembalasan?

Senin 10 May 2021 05:55 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT menciptakan hari kiamat dengan sejumlah hikmah di dalamnya. Ilustrasi kiamat

Allah SWT menciptakan hari kiamat dengan sejumlah hikmah di dalamnya. Ilustrasi kiamat

Allah SWT menciptakan hari kiamat dengan sejumlah hikmah di dalamnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setiap Muslim wajib mempercayai kedatangan hari kiamat. Alquran banyak menjelaskan hikmah tentang hari kiamat serta sejumlah nama lain dari hari kiamat. 

Berikut penjelasannya seperti dilansir Mawdoo3 pada Ahad (9/5). Allah SWT mengutus para Rasul dan menurunkan pada mereka kitab dan mukjizat untuk menguatkan kerasulan mereka serta sebagai bukti kenabian. 

Seseorang bebas memilih, tidak dipaksa untuk memilih jalan yang baik dan benar sebagaimana yang dibawa para nabi dan rasul. 

Akan tetapi Allah SWT juga menegaskan bahwa hari akhir bagi setiap orang itu berada pada genggaman-Nya, untuk pertanggungjawaban atas segala amal yang dikerjakan seorang insan. Itulah salah satu tujuan dari adanya hari akhir. Dan hari akhir yaitu adalah hari kiamat atau hari kebangkitan. 

Maka bangkit manusia di dalam kekuasaan Tuhannya. Allah SWT meminta pertanggungjawaban manusia atas segala amal-amal mereka. Dan Allah menilai setiap dari mereka. Allah SWT berfirman menjelaskan tentang hikmah dari hari kiamat:  

لِيُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِي يَخْتَلِفُونَ فِيهِ وَلِيَعْلَمَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّهُمْ كَانُوا كَاذِبِينَ "Agar Allah menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu, agar orang-orang kafir itu mengetahui bahwasanya mereka adalah orang-orang yang berdusta." (QS An Nahl 39). 

Itulah di antara hikmah adanya hari akhir, yang mengukuhkan kebenaran para nabi dan rasul yang pernah mengabarkan pada manusia tentang keberadaan yaumul fashl, hari bagi manusia dimintai pertanggungjawaban atas amal-amal mereka di hadapan kekuasan Allah SWT. 

Begitulah Allah SWT mengganjar ciptaan-Nya pada hari kiamat. Allah menegakkan keadilan bagi orang-orang yang pernah dizalimi dan Allah menegakan hukuman bagi orang-orang yang berbuat zalim. 

Maka apa yang terjadi di hari akhir menjadi balasan akan apa yang dilakukan di dunia. Tak ada keraguan bahwa hari kiamat merupakan hari pembalasan. Mengganjar orang-orang yang beriman dengan amalnya dan menghukum orang-orang kafir akan kesalahan yang dilakukannya dengan apa yang pantas diterima. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA