Kamis 13 May 2021 06:15 WIB

Bukittinggi Batasi Kunjungan di Objek Wisata Saat Lebaran

Kota Bukittinggi memasuki zona oranye Covid-19.

Pengunjung memadati kawasan Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Pengunjung memadati kawasan Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menyepakati pembatasan jumlah kunjungan wisatawan di seluruh objek wisata saat Lebaran."Sesuai dengan kesepakatan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kita membatasi pengunjung maksimal 50 orang untuk setiap satu objek wisata," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, kemarin.

Wali Kota mengatakan aturan ini akan melibatkan petugas yang disiagakan untuk memecah kerumunan wisatawan. Kebijakan itu diambil sesuai dengan kondisi terkini di Sumatera Barat dan Kota Bukittinggi.

Baca Juga

"Kota Bukittinggi memasuki zona oranye ditambah dengan antisipasi kunjungan wisatawan yang selalu ramai saat libur apalagi Lebaran," kata dia.

Hal senada diungkapkan oleh Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara yang menegaskan bahwa tindakan dan aturan akan berbeda sesuai dengan aturan zona masing masing daerah."Perlakuan dan tindakan tentu lebih diperketat disaat Kota Bukittinggi kini memasuki zona Orange," kata dia.

Menurutnya, Jam Gadang yang menjadi pusat keramaian serta tujuan utama wisatawan akan diberi aturan khusus."Lokasi Jam Gadang akan diberikan jalur pintu masuk dan pintu keluar hingga pengunjung yang masuk ke lokasi hanya dibatasi sebanyak 50 orang saja," kata dia.

Pengunjung Jam Gadang juga diberikan waktu maksimal berkunjung selama dua jam.Kapolres dan Wali Kota dijadwalkan juga akan melakukan Sidak ke berbagai swalayan dan pusat perbelanjaan di Kota Bukittinggi."Kita tetap bertindak tegas, semua bertujuan untuk keselamatan bersama sesuai dengan prinsip keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi atau "Salus Populi Suprema Lex Esto", semua demi perbaikan ekonomi rakyat dan kesehatan bersama," kata Kapolres.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement