Selasa 11 May 2021 06:22 WIB

Arkeolog Temukan Patung Kepala Kaisar Pertama Romawi

Patung kepala dari marmer ini ditemukan di Isernia.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, ISERNIA -- Arkeolog menemukan patung kepala  Augustus, kaisar pertama Romawi berusia 2.000 tahun. Patung kepala dari marmer ini ditemukan di Isernia, sebuah kota Italia di wilayah tengah selatan Molise.

Arkeolog Francesco Giancola membuat penemuan luar biasa selama pekerjaan restorasi untuk memperbaiki tembok abad pertengahan yang runtuh karena hujan lebat pada tahun 2013.

Baca Juga

Giancola mengikuti pekerjaan atas nama kotamadya Isernia. Namun, dia sama sekali tak mengharapkan penemuan besar seperti itu.

"Saat kami menggali di balik tembok, saya melihat tanah berubah warna," kata Giancola, dilansir di CNN, Jumat (7/5).

"Jadi kami terus menggali dengan sekop presisi dan sebongkah marmer telah keluar. Saya segera melihat bahwa itu adalah kepala yang saya kenali sebagai milik patung Augustus karena rambut dan bentuk serta potongan matanya." jelasnya.

Giancola mengatakan dia segera menelepon pihak berwenang, walikota, dan kementerian warisan budaya.

Menurut Maria Diletta Colombo, seorang arkeolog di departemen regional kementerian, kepala setinggi 35 sentimeter itu mungkin berusia antara 20 SM dan 10 M. Itu adalah patung penting, tapi tidak diketahui mengapa patung itu ada di sini.

Beberapa rekannya menangis kegirangan ketika mereka menemukannya. Itu adalah momen yang dia katakan akan dia ingat selamanya.

Colombo menduga, kepala tersebut kemungkinan besar telah terlepas dari patung yang tingginya lebih dari 2 meter.  Kepala itu terbuat dari marmer Lunigiana yang sama yang digunakan oleh seniman Renaisans Italia Michelangelo, dan itu menggambarkan seorang Augustus Oktavianus muda, yang menjadi kaisar pertama Roma pada 27 SM.

Isernia, yang dikenal sebagai Aesernia di dunia kuno, adalah rumah dari orang Italia bernama Samnites. Isernia kemudian menjadi koloni Romawi. Kota ini sebagian hancur selama Perang Dunia II tetapi dibangun kembali.

"Isernia memiliki sejarah yang sangat kuno, ada sisa-sisa arkeologi di bawah seluruh kota. Ini adalah penemuan yang sangat penting bagi Isernia karena ini menunjukkan keberadaan bangunan penting tertentu," kata walikota Giacomo D'Apollonio.

Penggalian juga mengungkap kuburan abad pertengahan yang kosong dan artefak terakota. Kepala tersebut saat ini sedang dipelajari.

Baik D'Apollonio dan Colombo ingin melihatnya tetap di museum kota Santa Maria delle Monache, di mana mereka percaya itu akan menarik lebih banyak wisatawan.

"Bahkan Isernia, meski bukan salah satu tujuan wisata utama, merupakan kawasan yang kaya akan sejarah sejak zaman Paleolitik,” kata D'Apollonio.

Augustus membangun sebuah kerajaan yang pada akhirnya akan membentang dari Inggris ke Mesir, dan membual di ranjang kematiannya bahwa dia menemukan Roma dibangun dari batu bata dan meninggalkannya dari marmer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement