Kamis 13 May 2021 04:09 WIB

Cara Buat dan Gabung di Percakapan Audio Twitter Spaces

Untuk menjadi host di Twitter Spaces, Anda harus memiliki follower minimal 600.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter
Foto: Reuters
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak aplikasi sosial media ClubHouse booming, berbagai platform juga berlomba meluncurkan forum virtual berbasis audio. Twitter salah satunya.

Twitter telah menguji fitur Spaces untuk sejumlah pengguna terbatas sejak akhir tahun 2020. Sekarang, perusahaan tersebut meluncurkan kemampuan membuat Spaces untuk semua akun Twitter dengan lebih dari 600 pengikut.

Baca Juga

Spaces adalah fitur yang memungkinkan pengguna berdialog dengan pengikut mereka secara langsung, apakah itu percakapan kecil dengan beberapa teman atau diskusi yang lebih besar dengan ribuan pendengar.

Pembicara dapat berbicara, mengaktifkan teks, menyematkan tweet dan i tentang Spaces. Sementara pendengar dapat mengikuti percakapan dengan teks, melihat tweet yang disematkan, bereaksi dengan emoji, tweet atau DM ‘Space’ dan meminta untuk berbicara sendiri.

Satu Spaces dapat menampung hingga 11 pembicara termasuk host, tanpa batasan jumlah pendengar di Spaces mana pun.

Host juga memiliki kekuatan untuk membisukan (satu atau semua) speaker, menghapus akses ke mikrofon mereka dan menghapusnya dari obrolan audio langsung sama sekali. Sementara itu, siapa pun dapat melaporkan dan memblokir pengguna, serta melaporkan Spaces jika melanggar aturan Twitter. Aplikasi ini bahkan akan memperingatkan Anda jika seseorang yang sebelumnya Anda blokir berbicara di Spaces tempat Anda bergabung.

“Sebelum menghadirkan kemampuan membuat Space untuk semua orang, kami berfokus pada mempelajari lebih lanjut, mempermudah untuk menemukan Space dan membantu orang-orang menikmatinya dengan pemirsa yang hebat,” kata  Twitter di blognya, dilansir dari Trusted Reviews, belum lama ini.

Ke depannya, Twitter berencana untuk memperkenalkan alat untuk membantu pengguna melihat Spaces langsung, menjadwalkan Spaces, menjadi host bersama Space, menyesuaikan teks langsung dan bahkan mengenakan biaya tiket di pintu virtual.

Cara Membuat Spaces di Twitter

Untuk menjadi host di Twitter Spaces, Anda harus memiliki follower minimal 600 atau lebih dan akun yang tidak ditetapkan sebagai dilindungi. Jika Anda memenuhi kriteria ini, buka aplikasi Twitter di iOS atau Android.

Pastikan Anda berada di beranda, kemudian tekan lama ikon tulis tweet. Ketuk ikon Spaces ungu (ikonnya menyerupai sejumlah lingkaran berbentuk berlian), beri nama Spaces Anda dan ketuk “Mulai Spaces Anda”.

Selanjutnya, undang orang lain untuk bergabung sebagai pendengar dengan membagikan tautan. Undang pendengar untuk berbicara dengan mengetuk gambar profil mereka di Spaces dan menambahkan mereka sebagai pembicara.

Ketahuilah bahwa Spaces bersifat publik, jadi siapa pun di Twitter dapat bergabung sebagai pendengar jika mereka melihat tautan ke Spaces Anda di pesan langsung atau di timeline mereka. Anda juga dapat menambahkan teks ke Spaces Anda dengan mengikuti petunjuk di aplikasi saat pertama kali membuat Spaces.

Cara bergabung dengan Space di Twitter

Untuk bergabung dengan Space di Twitter, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk tautan yang dibagikan oleh host. Dari sana, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan teks dengan tombol “Lihat Teks” dan meminta izin untuk berbicara di Spaces dengan mengetuk ikon “Minta” di bawah mikrofon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement