Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Arti, Makna, dan Waktu Perayaan Idul Fitri

Ahad 09 May 2021 11:48 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Elba Damhuri

Makna Idul Fitri: Idul Fitri punya makna khusus

Foto:
Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu umat Islam selepas puasa Ramadhan

Kapan Idul Fitri dan Idul Adha dirayakan?

Idul Fitri dirayakan pada hari pertama bulan ke-10 dalam kalender Islam sedangkan Idul Adha dirayakan pada hari ke 10 bulan terakhir dalam kalender Islam.

Kalender Islam adalah kalender lunar, dan tanggal dihitung berdasarkan fase lunar. Karena tahun kalender Islam (Hijriyah) lebih pendek dari tahun kalender matahari (masehi) perbedaan antara 10 hingga 12 hari. Karena itu tanggal untuk awal Ramadan dan Idul Fitri pada kalender Gregorian atau masehi dapat bervariasi dari tahun ke tahun.

Apa Makna Spiritual Idul Fitri?

Idul Fitri menandakan berakhirnya waktu puasa Ramadhan. Makna spiritual yang terdapat di dalamnya selain refleksi dan kegembiraan, Idul Fitri juga sebagai waktu untuk amal, yang dikenal sebagai Zakat al-Fitr.

Idul Fitri dimaksudkan sebagai waktu sukacita dan penuh berkah bagi seluruh umat Muslim dan waktu untuk membagikan harta kekayaan seseorang kepada mereka yang tidak mampu.

Al-Qur'an mengatakan, "percayalah kepada Allah dan utusannya, dan berikan amal dari (substansi) bahwa Allah telah membuat Anda ahli waris. Bagi Anda yang percaya dan memberi amal - bagi mereka adalah hadiah besar."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA