Ahad 09 May 2021 06:49 WIB

Menlu RI: Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19 Global

Asia Tenggara termasuk Indonesia, mengalami lonjakan kasus baru hingga 19 persen

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mengalami lonjakan kasus baru tertinggi hingga 19 persen. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi meminta masyarakat waspada akan lonjakan kasus Covid-19 global tersebut. (ilustrasi).
Foto: Kementerian Luar Negeri RI
Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mengalami lonjakan kasus baru tertinggi hingga 19 persen. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi meminta masyarakat waspada akan lonjakan kasus Covid-19 global tersebut. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya kenaikan kasus Covid-19 secara global dalam kurun waktu satu minggu sejak 25 April hingga 2 Mei 2021 jika dibandingkan dengan jumlah kasus pada enam bulan pertama pandemi. Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mengalami lonjakan kasus baru tertinggi hingga 19 persen.

"Dari laporan mingguan WHO minggu lalu sampai 2 Mei disebutkan bahwa jumlah kasus global dalam dua minggu melebihi kasus selama enam bulan pertama pandemi. Jumlah yang sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per minggu," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat keterangan pers kedatangan vaksin tahap 12.

Baca Juga

Kenaikan kasus baru di kawasan Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia. Karena itu, Retno mengingatkan masyarakat agar mewaspadai kenaikan kasus karena penyebaran virus masih terjadi.

"Kenaikan kasus baru Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut. Kenaikan cukup tinggi terutama terjadi di India. Kondisi ini penting jadi pengingat kita semua bahwa penyebaran virus masih terjadi," tambahnya.

Lebih lanjut, Retno menyampaikan, dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19. Dukungan masyarakat dapat dilakukan dengan menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Setiap dari kita dapat menjadi bagian dari ikhtiar untuk mencegah peningkatan penyebaran pandemi Covid-19. Caranya kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang dilakukan pemerintah dan tidak kalah pentingnya yaitu mematuhi protokol kesehatan," kata dia.

Dalam kesempatan ini, Menlu pun mengucapkan selamat hari raya Idulfitri kepada masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Saya ingin menyampaikan selamat melanjutkan ibadah puasa Ramadan yang tinggal beberapa hari ini. Marilah kita sambut hari kemenangan dengan terus menaati protokol kesehatan," jata Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement