Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi Lebaran Aman

Ahad 09 May 2021 05:30 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda

Pedagang daging melayani pembeli di Pasar Induk, (ilustrasi). BKP Kementan memastikan kondisi ketersediaan daging sapi untuk masyarakat pada momen lebaran aman.

Foto:
Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman.

Untuk di RPH Bayur-Karawaci misalnya, pada hari biasa rerata jumlah sapi yang dipotong per hari sebanyak 35 ekor namun mendekati lebaran diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 7-8 kali lipat atau sekitar 250 ekor sapi akan dipotong untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Terjadinya kenaikan harga daging menjelang Idul fitri, menurut pedagang daging karena harga daging sapi hidupnya yang sudah mahal. Namun, menurut pengakuan pengelola RPH dari segi ketersediaan sapinya cukup, hanya memang harga sapi hidup sudah naik, sehingga harga daging di pasar eceren juga mengalami kenaikan," katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ia mengatakan telah menggencarkan gelar pangan murah daging sapi beku. "Kami siapkan daging sapi beku dalam jumlah yang cukup di Pasar Mitra Tani yang tersebar di Jabotabek. Bahkan dapat dipesan secara online dengan free ongkir," ujar Risfaheri.
 
Sementara itu pada tingkat distributor, daging sapi yang terdapat pada cold storage merupakan daging sapi beku impor yang berasal dari berbagai negara diantaranya Australia, New Zealand, India dan Amerika. Salah satu distributor yang dikunjungi tim adalah PT Suri Nusantara Jaya, yang berlokasi di Jalan Raya Kranggan, Jatiraden, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA