Ahad 09 May 2021 05:30 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi Lebaran Aman

Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Pedagang daging melayani pembeli di Pasar Induk, (ilustrasi). BKP Kementan memastikan kondisi ketersediaan daging sapi untuk masyarakat pada momen lebaran aman.
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Pedagang daging melayani pembeli di Pasar Induk, (ilustrasi). BKP Kementan memastikan kondisi ketersediaan daging sapi untuk masyarakat pada momen lebaran aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah dijamin aman.

"BKP terus melakukan pemantauan kondisi lapangan di antaranya dengan melakukan kunjungan langsung pada beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) dan distributor di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya untuk melihat stok," kata Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri  dalam Siaran Pers, Sabtu (8/5).

Baca Juga

 

Mengingat permintaan daging sapi yang terus meningkat, Risfaheri meminta masyarakat untuk tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan daging sapi untuk pemenuhan kebutuhan lebaran. “Masyarakat tidak perlu khawatir, dari hasil kunjungan tim kami terpantau ketersediaan daging sapi dipastikan cukup hingga lebaran nanti,” tambahnya.

Pihaknya memastikan kondisi ketersediaan pasokan dan harga daging sapi aman. Selain itu, juga dilakukan pemantauan kondisi ketersediaan daging sapi ke RPH yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya seperti RPH di Jakarta, RPH Bogor, RPH Cibinong, RPH Jati Mulya-Bekasi, RPH Harapan Baru Bekasi, RPH Bayur Karawaci, UPT RPH Ciputat- Tangerang Selatan, RPH Ruminansia Ciroyom Kota Bandung, dan UPT RPH Bandung Barat.

Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman. Untuk harga daging sapi (karkas) di tingkat RPH bervariasi mulai dari Rp 96 ribu pers kg sampai Rp 103 ribu per kilogram kg untuk sapi lokal, dan Rp 100 ribu per kg hingga Rp 104 ribu per kg untuk sapi impor.

Terjadinya variasi harga ini tergantung dari kondisi dan kualitas sapi itu sendiri, serta biaya jasa pemotongan yang juga berbeda di setiap RPH. Harga daging sapi memang diramalkan akan terus mengalami pergerakan seiring naiknya permintaan dari masyarakat, namun kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement